Rosyadi, Aulia Tsalis (2011) Penerapan Model Pembelajaran Learning Turnament (LT) dan Mind Map (MM) Untuk Peningkatan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Gerak pada Manusia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Bagian_Depan.pdf Download (125kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) |
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan perubahan disegala bidang termasuk dibidang pendidikan. Di sisi lain masalah utama pada proses pembelajaran di SMP N 2 COLOMADU adalah 1) Siswa ramai dan kurang memperhatikan sebanyak 36,37%, 2) Siswa belum memiliki sifat kerjasama dalam kelompok saat pelajaran sebanyak 33,33%, 3) Siswa belum memiliki keberanian berpendapat dan mengeluarkan pendapat saat pelajaran berlangsung 48,48%, 4) Siswa belum memiliki kemampuan untuk menjawab pertanyaan dalam presentasi pelajaran 39,39%, 5) Kejelasan siswa yang kurang saat menulis materi pelajaran 36,36%.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi pada materi sistem gerak pada manusia pada siswa kelas VIII SMP N 2 COLOMADU tahun ajaran 2011/2012 dengan penerapan model pembelajaran Learning turnament dan Mind map. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 pertemuan. Penelitian ini diawali dengan diskusi dan pemberian tes setiap akhir siklus. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan strategi pembelajaran Learning turnament yaitu dengan menggabungkan satu kelompok belajar ke dalam kompetisi tim. Sedangkan pada akhir pelajaran dilaksanakan dengan menggunakan strategi Mind map yaitu dengan memerintahkan kepada siswa untuk membuat peta pikiran secara individu untuk menemukan kemudahan untuk mengidentifikasi secara jelas dan kreatif apa yang mereka dapat setelah pelajaran. Teknik pengumpulan data dengan lembar pengamatan, diskusi, dokumentasi, tes dan lembar penilaian afektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif (rata-rata nilai kelas) Untuk data yang diperoleh dari tes kemampuan awal, tes siklus I, dan II data pengamatan dengan lembar penilaian afektif dianalisis secara kuantitatif dengan penghitungan rerata. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata nilai siklus I aspek kognitif: 64,24 atau meningkat sebesar 8,94 dari nilai awal dengan rata-rata 55,30; aspek afektif: 15,60 (termasuk kategori cukup berminat). Rata-rata nilai siklus II aspek kognitif: 70,15 atau meningkat sebesar 5,91 dari nilai siklus I dengan rata-rata 64,24; aspek afektif: 17,63 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Learning turnament dan Mind map dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada materi sistem gerak pada manusia kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan hasil belajar, Learning tournament dan Mind map |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Dec 2011 05:01 |
Last Modified: | 05 Dec 2011 05:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15755 |
Actions (login required)
View Item |