Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating (Studi Survei pada Pemerintahan Daerah di Kabupaten Sukoharjo)

Adi, Hanang Saptaning (2011) Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating (Studi Survei pada Pemerintahan Daerah di Kabupaten Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (328kB)
[img]
Preview
PDF (Bba I)
Bab__I.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauhmana partisipasi penyusunan anggaran akan berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Sejauhmana interaksi antara partisipasi penyusunan anggaran dengan budaya organisasi akan berpengaruh terhadap kinerja manajerial serta sejauhmana interaksi antara partisipasi penyusunan anggaran dengan komitmen organisasi akan berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Jenis penelitian deskriptif dengan melakukan survey untuk mendapatkan gambaran tentang pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial dengan budaya organisasi dan komitmen organisasi sebagai variabel moderating. Pengukuran variabel penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner para pejabat di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Sukoharjo antara lain Kepala serta staf pegawai SKPD dari 11 Dinas, 8 badan-badan serta 3 kantor lembaga pemerintahan di Kabupaten Sukoharjo. Jumlah sample responden penelitian ini sebanyak 50 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode convinience sampling. Metode analisis data dengan menggunakan uji validitas dan realiabilitas untuk uji kelayakan kuesioner, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji R², uji F, uji t. Dari analisis, hipotesis yang menyatakan bahwa partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh terhadap kinerja manajerial, terbukti. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (ρ < 0,05) yang menunjukkan bahwa semakin tinggi keterlibatan manajer dalam penyusunan anggaran dapat meningkatkan kinerja manajerialnya. Hipotesis kedua (Ha2) yang menyatakan bahwa budaya organisasi memoderasi hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial juga, terbukti. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,003 (ρ < 0,05). Hipotesis ketiga (Ha 3) yang menyatakan bahwa komitmen organisasi memoderasi hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial juga, terbukti. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,005 (ρ < 0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi penyusunan anggaran, budaya organisasi, komitmen organisasi, kinerja manajerial.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Nov 2011 08:55
Last Modified: 18 Nov 2019 06:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15691

Actions (login required)

View Item View Item