PENGARUH GAYA EVALUASI KINERJA BERBASIS ANGGARAN TERHADAP KINERJA: TEKANAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Survei Pada Perseroan Terbatas (PT) di Kabupaten Sukoharjo)

ANGGOROWATI, JUNITA (2011) PENGARUH GAYA EVALUASI KINERJA BERBASIS ANGGARAN TERHADAP KINERJA: TEKANAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Survei Pada Perseroan Terbatas (PT) di Kabupaten Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (295kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya evaluasi kinerja berbasis anggaran terhadap kinerja, pengaruh interaksi antara gaya evaluasi kinerja berbasis anggaran dengan tekanan kerja terhadap kinerja serta pengaruh interaksi antara gaya evaluasi kinerja berbasis anggaran dengan kepuasan kerja terhadap kinerja. Penelitian ini termasuk penelitian survei, populasinya adalah perusahaan perindustrian berbentuk PT yang terdaftar pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) di Kabupaten Sukoharjo. Kriteria sampel penelitian ini adalah karyawan setingkat manajer tingkat operasional dan menengah yang terlibat dalam penyusunan anggaran di perusahaan perindustrian berbentuk PT di Kabupaten Sukoharjo. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode convenience sampling, adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data.Analisis data dalam penelitian ini mengunakan analisis regresi berganda, sebelumnya dilakukan uji instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas; uji hipotesis yaitu uji t yang dilengkapi uji F, dan koefisien determinasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa gaya evaluasi kinerja berbasis anggaran berpengaruh terhadap kinerja dan H1 terdukung secara statistik. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t, yang mana diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,839 > 2,021) dengan p-value 0,007 < 0,05. Interaksi antara gaya evaluasi kinerja berbasis anggaran dengan tekanan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja dan Ho diterima dan H2 tidak terdukung secara statistik. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t, yang mana diperoleh nilai t hitung < t tabel (1,566 < 2,021), dengan nilai pvalue sebesar 0,126 > 0,05. Interaksi antara gaya evaluasi kinerja berbasis anggaran dengan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja dan Ho ditolak dan H3 terdukung secara statistik. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t, diperoleh thitung sebesar 4,015 lebih besar dari t-tabel sebesar 2,021 atau 4,015 < 2,021, dengan nilai p-value sebesar 0,000.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B200/2011 - 44
Uncontrolled Keywords: gaya evaluasi kinerja berbasis anggaran, kinerja manajerial, tekanan kerja, dan kepuasan kerja.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Nov 2011 06:47
Last Modified: 12 Jan 2012 08:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15687

Actions (login required)

View Item View Item