PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD ( Studi Kasus : PT. Kharisma Rotan Mandiri Sukoharjo )

RIYASARI, DESSY (2007) PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD ( Studi Kasus : PT. Kharisma Rotan Mandiri Sukoharjo ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
BAB_I.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (bab.2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (bab.3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (bab.4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF (bab.5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. Kharisma Rotan Mandiri Sukoharjo yang terletak di Gesingan RT.02/09, Luwang, Kecamatan Getak, Sukoharjo.merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang industri furniture, dimana saat ini sedang dalam kondisi perbaikan kinerja. Aspek yang menjadi sasaran dalam perbaikan kinerja ini meliputi: aspek keuangan, aspek pekerja atau karyawan dan aspek konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dimana pengambilan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yaitu karyawan PT. Kharisma Rotan Mandiri Sukoharjo. Pengukuran dengan menggunakan skala Linkert yaitu skala 1-5, dimana 1 = sangat tidak setuju, 2 = tidak setuju, 3 = ragu-ragu, 4 = setuju, 5 = sangat setuju. Metode yang digunakan untuk mengevaluasi kepuasan karyawan dengan mengunakan BALANCED SCORECARD. Pada analisis data masing-masing perspektif dengan menggunakan parameter yang telah ditentukan untuk masing-masing perspektif. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat diketahui bahwa perspektif keuangan belum menunjukkan indikasi yang baik, sedangkan perspektif pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan sudah menunjukan indikasi yang baik. Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa kinerja PT. Kharisma Rotan Mandiri Sukoharjo jika dinilai dengan konsep BSC menunjukkan hasil yang cukup baik dengan presentase yang dicapai sebesar 37.5% maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diduga PT. Kharisma Rotan Mandiri Sukoharjo mempunyai kinerja perusahaan yang cukup baik namun dari perspektif keuangan perlu adanya perbaikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Balanced Scorecard, perspektif pelanggan, proses bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 Nov 2011 10:00
Last Modified: 28 Nov 2011 10:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15658

Actions (login required)

View Item View Item