UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA ANAK KELOMPOK B2 TK WARU 01 KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2011/2012

PAJARWATI, WISTRI (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA ANAK KELOMPOK B2 TK WARU 01 KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALDEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (BAP1)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (BAP2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (BAP3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (BAP4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (BAP5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTARPUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pada siswa kelompok B2 TK Waru 01 Kebakkramat dengan menggunakan pendekatan whole language. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok B2 TK Waru 01 yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca awal anak dengan menggunakan pendekatan whole language dengan teknik big book. Adapun peningkatan kemampuan membaca awal anak adalah sebagai berikut: mengucapkan bunyi huruf yang ditanyakan 86,6%, membaca beberapa kata berdasarkan gambar, tulisan dan benda yang dikenal atau yang dilihatnya 75,8%, menghubungkan kata sederhana dengan simbol yang melambangkannya 84,5%, membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama 75%, membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama 75%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A520/2011-031
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca awal, whole language, big book
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 Nov 2011 09:57
Last Modified: 11 Jan 2012 05:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15657

Actions (login required)

View Item View Item