DAMPAK IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP KREATIVITAS GURU DI SD NEGERI SAMIRONO KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

HERLIYANTO, NOVI SOFYAN (2011) DAMPAK IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP KREATIVITAS GURU DI SD NEGERI SAMIRONO KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (470kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (466kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (363kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari implementasi pembelajaran tematik terhadap kreativitas guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru kelas 1-3 SD Negeri Samirono yang berjumlah 3 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakanteknik trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran tematik adalah merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Dikatakan bermakna karena pembelajaran tematik adalah pembelajaran dimana dalam pelaksanaannya menggunakan tema-tema yang dekat dengan lingkungan hidup siswa sehari-hari. Sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh guru dengan menggeneralasikan kejadian-kejadian yang mereka amati setiap hari dengan tema yang diberikan oleh guru di kelas. Dengan demikian, dapat dimungkinkan bagi siswa untuk mempelari beberapa bidang studi dalam waktu yang bersamaan. Kreativitas guru dalam menyusun rancangan pembelajaran dengan pembelajaran tematik dapat dilihat dari kemampuan guru tersebut mulai dari menetapkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, menentukan mata pelajaran yang akan dipadukan, menentukan tema penghubung, menetapkan jaringan tema, menyusun silabus pembelajaran tematik dan menyusun rancangan pembelajaran tersebut kedalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pembelajaran tematik memberikan dampak positif terhadap kreativitas guru kelas 1-3 dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pemmbelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-047
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, tematik, kreativitas guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2011 07:34
Last Modified: 11 Jan 2012 05:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15647

Actions (login required)

View Item View Item