FEBRIYANTO, GALIH (2011) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TANJUNGSARI REMBANG TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (209kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode index card macth. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Tanjungsari yang berjumlah 16 siswa. Jumlah siswa laki-laki sebanyak 9 siswa dan jumlah siswa perempuan sebanyak 7 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refeksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi hewan dan makanannya. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas bertanya mencapai 75%, aktivitas menjelaskan materi di depan kelas mencapai 87,5%, aktivitas memberi tanggapan mencapai 75%, dan aktivitas mengerjakan soal secara mandiri mencapai 87,5%. Hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran menunjukan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa pada materi hewan dan makanannya. Sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 55,06%, pada siklus I mencapai daya serap 68,5%, dan akhir tindakan hasil belajar siswa pada siklus II mencapai daya serap 78,94%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Index Card Match dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas siswa sehingga berdampak pada hasil belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A510/2011-043 |
Uncontrolled Keywords: | aktivitas, hasil belajar, index card match |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Nov 2011 05:55 |
Last Modified: | 11 Jan 2012 05:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15641 |
Actions (login required)
View Item |