IMPLEMENTASI METODE COURSE REVIEW HORAY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN (PTK KELAS IV SD NEGERI 03 KORIPAN MATESIH TAHUN PELAJARAN 2010/2011)

NURHIDAYAH, EKA (2011) IMPLEMENTASI METODE COURSE REVIEW HORAY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN (PTK KELAS IV SD NEGERI 03 KORIPAN MATESIH TAHUN PELAJARAN 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL_DEPAN_+_COVER.pdf

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Koripan dengan menggunakan metode pembelajaran course review horay. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV sebagai observer dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Koripan Tahun Pelajaran 2010/2011 sebagai penerima tindakan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan, soal tes , serta daftar nilai matematika kelas IV SD Negeri 03 Koripan. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis kritis dan analisis komparatif. Hasil penelitian ini, data awal siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 60 sebanyak 10 siswa atau 37 %. Pada siklus I prestasi belajar siswa 67%, dan dilihat dari beberapa indikator siswa memiliki rata-rata peningkatan pemahaman mencapai 67%. Pada siklus II mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 85 % siswa mencapai nilai di atas nilai KKM, hasil prestasi belajar siswa mencapai 96%, sedangkan prosentase pemahaman siswa rata – rata dari beberapa indikator pemahaman mencapai 96%. Dengan demikian dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran course review horay dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 03 Koripan khususnya pada mata pelajaran matematika sehingga prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Prestasi-Belajar, Matematika, Pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2011 05:35
Last Modified: 28 Nov 2011 05:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15638

Actions (login required)

View Item View Item