LIESTYOWATI, DYAH AYU (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 02 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf Download (140kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB-1.pdf Download (151kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB-3.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB-4.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB-5.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
FILE-KE-4.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
FILE-KE-5.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswadengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas IV SDN 02 Karanganyar tahun ajaran 2011/2012 Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 40 siswa dan guru kelas IV SDN 02 Karanganyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara langsung, tes, pencatatan arsip dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritik dan teknik komparatif. Dalam menganalisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, paparan data, dan penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, ada peningkatan hasil belajar matematika materi keliling dan luas Segitiga setelah diadakan tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 44,25 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 59,00 dan pada siklus III mencapai 77,88. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling dan luas Segitiga pada siswa kelas IV SDN 02 Karanganyar tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Contextual Teaching and Learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Nov 2011 10:34 |
Last Modified: | 24 Nov 2011 10:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15618 |
Actions (login required)
View Item |