PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN PANJANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 SUKOSARI KEC. JUMANTONO KAB. KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

PRASETYO , DWI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN PANJANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 SUKOSARI KEC. JUMANTONO KAB. KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (190kB)
[img]
Preview
PDF (bab1)
BAB_I.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (bab2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (bab3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (bab4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (bab5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran panjang melalui model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Sukosari Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas, dengan jumlah 24 siswa ( 12 putra dan 12 putri ). Sumber data yang digunakan yaitu: sumber data pokok ( primer ) yaitu siswa, guru dan Kepala Sekolah. Sumber data sekunder meliputi arsip / dokumen hasil pengamatan, tes hasil belajar, dan foto. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi), angket, dokumentasi, dan tes. Data yang dikumpulkan untuk dianalisis dalam penelitian tindakan kelas ini adalah data hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika. Hal ini dapat terlihat pada nilai rata-rata kelas 68,33 pada putaran I, dengan persentase ketuntasan belajar 54,17%, siswa yang tuntas belajar sebanyak 13 siswa. Kemudian terjadi peningkatan menjadi 73,33 pada putaran II, dengan persentase ketuntasan belajar 75%, siswa yang tuntas belajar sebanyak 18 siswa. Pada putaran III menunjukkan peningkatan yang signifikan terlihat pada nilai rata-rata kelas 84,58, dengan persentase ketuntasan belajar 95,83%, dan siswa yang tuntas belajar sebanyak 23 siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran panjang pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Sukosari Kec. Jumantono Kab. Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. Kata Kunci : Model Pembelajara

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 24 Nov 2011 10:03
Last Modified: 24 Nov 2011 10:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15612

Actions (login required)

View Item View Item