WARDANI, INDAH SRI (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN) DAN PEMAKAIAN MEDIA ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI EKOSISTEM KELAS VII F SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (317kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Index Card Match dan penggunaan media alat peraga dalam meningkatkan hasil belajar Biologi pada siswa kelas VII F SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA tahun pelajaran 2010/2011. Tekhnik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data yang diperoleh dari nilai awal yang dilakukan sebelum pelaksanaan pembelajaran memakai Index Card Match dan pemakaian media alat peraga pembelajaran dan dari data yang diperoleh pada setiap akhir pertemuan yaitu aspek kognitif dan aspek afektif. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dan dihitung rata-rata nilainya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dari aspek kognitif sebesar 40,5% atau meningkat sebesar 11,6% dari nilai awal sebesar 28,90% ; aspek afektif rata-rata 15 (termasuk kategori cukup berminat). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II dari aspek kognitif sebesar 68% dan aspek afektif rata-rata 17 (termasuk kategori berminat). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III dari aspek kognitif sebesar 86% dan aspek afektif rata-rata 22 (termasuk kategori sangat berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran Index Card Match dan pemakaian media alat peraga efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII F SMP AL-ISLAM 1 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Strategi Index Card Match, Media alat peraga. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Nov 2011 06:14 |
Last Modified: | 24 Nov 2011 06:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15600 |
Actions (login required)
View Item |