MARYANTO , MARYANTO (2011) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DAN MAKE-A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN REPRODUKSI MANUSIA SISWA KELAS XI TPHP (TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN ) 1 DAN TPHP (TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN) 2 SMK N 1 MOJOSONGO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
|
PDF (haldepan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (266kB) |
|
|
PDF (bap1)
3._BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (bap2)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (bap3)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
PDF (bap4)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
PDF (bap5)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (daftarpustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (6kB) |
|
PDF (lampiran)
LAMPIRAN_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dan Make-a Match pada pokok bahasan Reproduksi Manusia. Penelitian ini menggunakan bentuk desain Eksperimen True Eksperimental dengan bentuk Posstest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI semester 2 SMK N I Mojosongo Boyolali tahun pelajaran 2010/2011. pengambilan sampel dengan teknik Non Random Sampling jenis Purposive Sampling sehingga terdapat sampel yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas X1 TPHP 1 sebagai kelas eksperimen I (dengan metode pembelajaran PBI (Problem Based Instruction), kelas XI TPHP 2 sebagai kelas eksperimen 2 (dengan metode Make-a Match) dan kelas ATR sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa pada aspek kognitif dengan tes bentuk obyektif, analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Non Parametik dengan metode Kruskal – Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode PBI (Problem Based Instruction) dan metode Make A Match lebih baik dari model pembelajaran konvensional (kontrol) dengan rata-rata 75 : 80,69 : 69,57. Penggunaan metode Make A Match lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan metode PBI (Problem Based Instruction).
Item Type: | Karya ilmiah (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | studi komparasi. metode pembelajaran PBI (Problem Based Instruction), metode pembelajaran Make-a Match, hasil belajar siswa, Materi Reproduksi Manusia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 23 Nov 2011 10:33 |
Last Modified: | 23 Nov 2011 10:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15593 |
Actions (login required)
View Item |