STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA

PUTRI, NUNUK MEGA ASRI HANDOYO (2011) STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
3._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab 2)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab 3)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab 4)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab 5)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lam.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan sebanyak II siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru, siswa dan peneliti lain tentang tindakan yang diterapkan, dan kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi maupun wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis alur yang melalui empat tahapan, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar di setiap siklus. Rerata kelas hasil belajar aspek kognitif siklus I sebesar 75,41, siklus II sebesar 78,05, mencapai target 88,88%. Rerata kelas hasil belajar aspek afektif siklus I sebesar 76,27% kriteria cukup baik, siklus II sebesar 96,13%. Rerata kelas hasil belajar aspek psikomotorik siklus I sebesar 59,71%, siklus II sebesar 97,21%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup (biologi) siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Kata kunci: Hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik, Contextual Teaching and Learning, keanekaragaman makhluk hidup

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik, Contextual Teaching and Learning, keanekaragaman makhluk hidup.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 23 Nov 2011 10:19
Last Modified: 23 Nov 2011 10:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15586

Actions (login required)

View Item View Item