PENGARUH PEMBELAJARAN PARTICIPATORY LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGPANDAN

KUSTANTI, ETIK (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN PARTICIPATORY LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGPANDAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (462kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) pengaruh strategi Participatory Learning terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh tingkat kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi antara strategi Participatory Learning dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 1 Karangpandan tahun ajaran 2010/ 2011 sebanyak 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) ada pengaruh strategi pembelajaran Participatory Learning terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 8,565, (2) ada pengaruh tingkat kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 28,792, dan (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab = 0,017. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Kemampuan awal, Prestasi Belajar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Kemampuan awal, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 22 Nov 2011 10:22
Last Modified: 22 Nov 2011 10:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15555

Actions (login required)

View Item View Item