NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMAN 2 SUKOHARJO

WARDANI, ELIA PRADITYA KUSUMA (2011) NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMAN 2 SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan struktur yang membangun novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata, (2) Memaparkan nilai edukatif yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata, (3) Mendiskripsikan implementasi nilai edukatif pada novel tersebut sebagai materi pembelajaran sastra Indonesia di SMAN 2 Sukoharjo. Bentuk penilaian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotik. Data dalam penelitian ini adalah kata, frase, klausa, kalimat, wacana yang terdapat dalam novel ini dan tindak tuturguru dalam penyampaian materi pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh penerbit Bentang Pustaka 2009. Pengumpulan dilakukan dengan teknik pustaka, catat, wawancara dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah metode pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan hasil struktural dapat disimpulkan novel ini menunjukkan hubungan fungsional antarunsur dan implementasi dengan tujuan penelitian. Unsur yang ada dalam novel tersebut menunjukkan keterpaduan dalam membangun totalitas makna. Tema perjuangan dan kegigihan serta semangat anak-anak yang menyebut dirinya Sang Pemimpi untuk mewujudkan cita-cita dan impian mereka dalam situasi serba kekurangan dan kemiskinan. Alur yang digunakan yaitu alur maju. Cerita dimulai saat mereka duduk di bangku SMA, mereka selalu membuat masalah dengan Pak Mustar dan sampai mereka mempunyai cita-cita yang tinggi untuk melanjutkan sekolah di Universitas de Paris, Sarbonne, Prancis. Alur dan penokohan didukung latar tempat di Magai, pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dan terminal bus Bogor. Berdasarkan analisis semiotik novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata sarat dengan muatan nilai edukatif. Nilai-nilai edukatif tersebut adalah (1) nilai cinta, (2) nilai tanggung jawab, (3) nilai kebahagiaan. Adapun implementasi nilai edukatif dalam novel ini sebagai materi pembelajaran sastra Indonesia di SMAN 2 Sukoharjo yaitu, (1) novel ini sarat dengan muatan nilai edukatif sehingga relevan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dengan kurikulum KTSP jenjang SMA, (2) nilai edukatif yang terdapat di dalamnya, relevan dengan tujuan pendidikan nasional, (3) nilai edukatif dalam novel tersebut dapat berperan dalam pembentukan kepribadian dalam diri peserta didik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A310/2011 - 55
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai edukatif dalam novel Sang Pemimpi, Semiotik, Implementasi
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Nov 2011 06:10
Last Modified: 10 Jan 2012 07:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15479

Actions (login required)

View Item View Item