PILIHAN BAHASA PEDAGANG ETNIS CINA DALAM INTERAKSI JUAL BELI DI PASAR KOTA WONOGIRI

ANDRIYANI, SAVITRI (2011) PILIHAN BAHASA PEDAGANG ETNIS CINA DALAM INTERAKSI JUAL BELI DI PASAR KOTA WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (170kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pola bahasa yang digunakan pedagang etnis Cina, wujud variasi bahasa dan faktor sosial yang menentukan pilihan bahasa pedagang etnis Cina dalam interaksi jual beli di pasar kota Wonogiri. Sumber data penelitian ini adalah pedagang etnis Cina yang melakukan transaksi jual beli di pasar kota Wonogiri. Data penelitian ini adalah tuturan atau bagian tutur lisan pedagang etnis Cina pada saat melakukan kegiatan jual beli di pasar kota Wonogiri. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode simak dan metode cakap. Metode simak memiliki tehnik dasar yaitu teknik sadap. Teknik sadap ini memiliki dua teknik lanjutan yaitu teknik simak bebas libat cakap dan teknik simak libat cakap. Metode cakap atau lebih dikenal sebagai metode wawancara yang digunakan adalah wawancara semuka dan wawancara terbuka. Teknik analisis data dilakukan melalui dua prosedur yaitu analisis selama proses pengumpulan data dan analisis setelah proses pengumpulan data. Hasil analisis data yang berupa temuan penelitian disajikan menggunakan metode formal dan metode informal. Pola bahasa pedagang etnis Cina dalam interaksi jual beli dipasar kota Wonogiri ditentukan oleh latar belakang sosial pedagang dan pembeli. Peristiwa alih kode yang dilakukan pedagang etnis Cina dapat berupa (1) peralihan dari kode bahasa Indonesia ke kode bahasa Jawa, (2) peralihan kode bahasa Jawa ke kode bahasa Indonesia. Wujud campur kode yang dilakukan oleh pedagang Cina di pasar Wonogiri dapat berupa kata, frasa dan perulangan. Faktor yang menentukan terjadinya pilihan bahasa pedagang etnis Cina dalam interaksi jual beli di pasar Kota Wonogiri adalah (1) situasi tutur, (2) pilihan bahasa pembeli, dan (3) peserta tutur.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pilihan bahasa, pedagang etnis Cina, interaksi jual beli.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Nov 2011 05:01
Last Modified: 17 Nov 2011 05:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15468

Actions (login required)

View Item View Item