ANALISIS GUGUS FUNGSI KIMIA DAN DEGRADASI PERMUKAAN BAHAN ISOLASI RESIN EPOKSI BERPENGISI SILICONE RUBBER DAN ABU SEKAM YANG TERKONTAMINASI POLUTAN INDUSTRI

SUSANTO, ENDRO (2011) ANALISIS GUGUS FUNGSI KIMIA DAN DEGRADASI PERMUKAAN BAHAN ISOLASI RESIN EPOKSI BERPENGISI SILICONE RUBBER DAN ABU SEKAM YANG TERKONTAMINASI POLUTAN INDUSTRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (252kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka_baru.pdf

Download (13kB)

Abstract

Isolator polimer tegangan tinggi pasangan luar pemakaiannya bertambah luas pada saluran transmisi dan distribusi udara dengan tegangan variasi yang semakin tinggi, serta telah dipasarkan secara masal. Isolator polimer mulai dikembangkan karena jenis isolator ini memiliki sifat lebih ringan, sifat dielektrik, resistivitas volume, sifat thermal dan kekuatan mekanik yang lebih baik, serta pemasangan dan penanganan yang lebih mudah daripada jenis isolator gelas dan keramik. Keunggulan lain dari isolator jenis ini yaitu dapat dibuat pada suhu ruang sehingga secara ekonomis lebih menguntungkan. Dalam rangka untuk mengetahui pengaruh lama penuaan oleh UV (ultraviolet) terhadap watak kelistrikan (dalam penelitian ini adalah degradasi permukaan) bahan isolasi rtv resin epoksi pada bahan pengisi silicone rubber dan abu sekam padi. Dalam penelitian ini bahan yang digunakan merupakan campuran dari DGEBA (Diglycidil Eter of Bisphenol A) sebagai bahan utama dan MPDA (Methaphenylene Diamine) sebagai pengeras dengan perbandingan 1:1, sedangkan bahan pengisi dari silicone rubber dan abu sekam dengan kadar dari 10% sampai 50% dan ukuran bahan uji adalah 70 x 70 x 5 mm. Prosedur penelitian mempergunakan polutan industri. Polutan disemprotkan pada sampel yang diletakkan pada lemari kaca dengan menggunakan metode semprot IEC 507. Kemudian pada sampel tersebut dilakukan simulasi ultraviolet dengan variasi penyinaran mulai dari 0, 12, 24, 36, 48, 60, 72, 84, dan 96 jam. Selanjutnya diadakan pengujian, pengamatan, pengukuran, dan perhitungan terhadap degradasi permukaan dan ESDD (Equivalent Salt Deposit Density). Pengukuran ESDD merupakan salah satu alternatif dalam penetapan intensitas polusi. ESDD merupakan tingkat kepadatan endapan garam pada permukaan isolator. Pengujian dilakukan pada suhu dan kelembaban serta tekanan udara sesuai dengan iklim tropis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum dari segi kinerja degradasi permukaan bahan berpengisi silicone rubber dan abu sekam padi memiliki ketahanan terhadap pengaruh UV yang baik. Peningkatan lama penuaan oleh UV pada bahan pengisi silicone rubber dan abu sekam padi memberikan pengaruh penurunan nilai degradasi permukaan khususnya pada rentang kadar filler 10 % sampai 50 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Degradasi permukaan, Polutan industri, Resin Epoksi, ESDD.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Nov 2011 10:12
Last Modified: 10 Nov 2011 10:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15407

Actions (login required)

View Item View Item