UJI SITOTOKSIK FRAKSI SEMIPOLAR EKSTRAK METANOL KULIT BATANG KAMBONG (Dipterocarpus validus Blume.) TERHADAP SEL HeLa DAN PROFIL KROMATOGRAFI LAPIS TIPISNYA

SARI, ITA PERWITA (2007) UJI SITOTOKSIK FRAKSI SEMIPOLAR EKSTRAK METANOL KULIT BATANG KAMBONG (Dipterocarpus validus Blume.) TERHADAP SEL HeLa DAN PROFIL KROMATOGRAFI LAPIS TIPISNYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
hal_depan.pdf

Download (286kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
bab_1.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Isi)
daftar_isi.pdf

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)

Abstract

Kanker adalah penyakit terbesar pada abad ini. Di dunia penyakit kanker menempati urutan kedua sebagai penyebab kematian. Banyak penelitian yang dilakukan untuk mencari dan mengembankan obat kanker terutama dari tanaman. Salah satunya adalah tanaman yang berasal dari familli Dipterocarpaceae yang telah terbukti memiliki efek anti kanker. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek sitotoksik dan nilai IC50 dari fraksi semipolar ekstrak metanol kulit batang Kambong ( Dipterocarpus vallidus Blume.) terhadap sel HeLa dan untuk mengetahui kandungan senyawa kimianya dengan analisis KLT. Ekstraksi kulit batang Kambong dilakukan dengan cara maserasi, menggunakan pelarut metanol. Kemudian dari ekstrak yang dihasilkan difraksinasi dengan pelarut yang bertingkat yaitu n-heksana : etilasetat (8:2), (3:7), (2:8), (1:9) dan etilasetat 100%. Pelarut ini didapatkan dari hasil KLT yang dilakukan pada ekstrak metanol dengan fase diam silika GF254. Untuk menunjukkan banyaknya sel hidup digunakan metode MTT assay dengan seri konsentrasi 250 g/mL, 125 g/mL, 62,5 g/mL, 31,25 g/mL, 15,625 g/mL, sedangkan untuk mengetahui kandungan kimianya digunakan pereaksi semprot uap ammonia, Lieberman Burchard, Dragendorff, UV254 nm, UV366 nm. Hasil yang didapatkan yaitu IC50 sebesar 55,28 g/mL, sedangkan dari hasil KLT menunjukkan bahwa fraksi semipolar ekstrak metanol kulit batang Kambong mempunyai kandungan kimia senyawa flavonoid.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dipterocarpus vallidus Blume., sel HeLa, MTT assay, IC50, fraksi semipolar.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 04 Nov 2011 10:34
Last Modified: 04 Nov 2011 10:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15370

Actions (login required)

View Item View Item