PENGGUNAAN POLIETILENGLIKOL 4000 DALAM BERBAGAI KOSENTRASI SEBAGAI BAHAN PELICIN PEMBUATAN TABLET EFFERVESCENT FeSO4 DAN VITAMIN C

ELVANDARI , ARY (2007) PENGGUNAAN POLIETILENGLIKOL 4000 DALAM BERBAGAI KOSENTRASI SEBAGAI BAHAN PELICIN PEMBUATAN TABLET EFFERVESCENT FeSO4 DAN VITAMIN C. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
hal_depan.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
bab_1.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar isi)
daftar_isi.pdf

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf

Download (126kB)

Abstract

Anemia gizi besi yang terjadi pada anak-anak akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan serta dapat menurunkan ketahanan tubuh menghadapi penyakit. Untuk itu dilakukan penanggulangan dengan memberikan pil besi. Untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama perlu dibuat sediaan yang menarik dan enak bagi anak-anak, oleh karena itu dibuat tablet effervescent. Bahan pelicin yang digunakan dalam tablet effervescent harus mudah larut dalam air supaya tidak meninggalkan residu. PEG 4000 mudah larut dalam air sehingga dapat digunakan sebagai bahan pelicin dalam pembuatan tablet effervescent FeS04 dan Vitamin C. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan PEG 4000 dalam berbagai konsentrasi sebagai bahan pelicin terhadap sifat alir granul dan sifat fisik tablet effervescent FeS04 dan vitamin C. Tablet effervescent dibuat menjadi 5 formula dengan variasi konsentrasi bahan pelicin PEG 4000 2%, 4%, 6%, 8%, 10%. Granul diuji waktu alir dan sudut diamnya. Tablet effervescent diuji sifat fisik meliputi keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan dan waktu larut tablet. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik ANAVA satu jalan dengan taraf kepercayaan 95% dilanjutkan dengan uji t (Scheffe). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan meningkatnya konsentrasi PEG 4000 menyebabkan semakin cepat waktu alir granul, semakin kecil sudut diam granul, semakin tinggi kekerasan tablet, semakin kecil kerapuhan tablet dan semakin lama waktu larut tablet. Untuk uji waktu larut, pada suhu 60°C kelima formula memenuhi persyaratan. Sedangkan pada suhu 35°C, hanya formula I dan formula II yang memenuhi persyaratan. Pada suhu 10°C dan 25°C, kelima formula tidak memenuhi persyaratan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tablet effervescent, PEG 4000, FeS04 dan vitamin C
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 04 Nov 2011 09:56
Last Modified: 04 Nov 2011 09:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15363

Actions (login required)

View Item View Item