PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MELALUI BELANJA MODAL PADA PEMERINTAH KABUPATEN DAN KOTA DI JAWA TENGAH (Studi pada pemerintah Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah)

PRIHATINI, ALPA FITRIA GALIH (2011) PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MELALUI BELANJA MODAL PADA PEMERINTAH KABUPATEN DAN KOTA DI JAWA TENGAH (Studi pada pemerintah Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (493kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)

Abstract

Otonomi daerah menuntut kemandirian tiap-tiap daerah dalam mengelola potensi-potensi lokal daerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan dengan pemerintah pusat. Pendapatan asli daerah ini sebagai modal dasar bagi pemerintah daerah untuk memenuhi belanja modal. Pengalokasian belanja modal secara efektif dan efisien dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan asli daerah terhadap pertumbuhan ekonomi melalui belanja modal. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersifat time series (dari waktu ke waktu). Data tersebut diperoleh dari beberapa sumber diantaranya Biro Keuangan Jawa Tengah dan Badan Pusat Statistik. Periode penelitian pada tahun 2007-2009. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiap-tiap kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi,analisis jalur, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (Adj. R2) Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil bahwa pendapatan asli daerah berpengaruh signifikan terhadap belanja modal, hal ini terbukti dengan nilai thitung 5,204 dengan p= 0,000<0,05. Namun pendapatan asli daerah tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dengan nilai thitung -0,585 dengan p= 0,560>0,005. Belanja modal berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, nilai thitung 2,457 dengan p= 0,016<0,05. Sedangkan pada analisis jalur diketahui bahwa pendapatan asli daerah berpengruh signifikan terhadp pertumbuhan ekonomi melalui belanja modal pada pemerintahkabupaten dan kota di Jawa Tengah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendapatan asli darah, belanja modal, pertumbuhan ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Nov 2011 10:29
Last Modified: 03 Nov 2011 10:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15347

Actions (login required)

View Item View Item