WIBOWO, ARIYANTO (2007) KID’S CORNER DI KUDUS (Taman Belajar dan Petualangan Anak-anak Pra-Sekolah). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal Depan)
Hal_Depan.pdf Download (147kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
Bab_1.pdf Download (82kB) |
|
PDF (Bab 2)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab 3)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) |
||
PDF (Bab 4)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (82MB) |
Abstract
Kid’s Corner merupakan sebuah bangunan pendidikan Pra-Sekolah yang diperuntukkan bagi anak-anak muslim usia 1-5 tahun di kota Kudus, yang menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak dengan memadukan kegiatan pengasuhan, pendidikan, bermain, pengembangan kreativitas, serta olah raga dan kesehatan di kota Kudus dengan program kegiatan pendidikan yang berkarakter kota Kudus sebagai kota Wali ( penerapan implementasi pengenalan ajaran agama Islam secara dini dalam kehidupan sehari-hari). Latar belakang perencanaan Kid’s Corner adalah dimana pada era milenium ini kondisi kehidupan penuh dengan tantangan dan persaingan, sehingga orang tua perlu membekali anaknya dengan berbagai aktivitas yang berguna untuk meningkatkan kemampuan anak tersebut sejak dini. Anak merupakan generasi penerus bangsa dan negara sehingga perlu pendidikan yang cukup untuk keberlangsungan hidupnya. Kurangnya peran keluarga dan lingkungan dalam membina bakat dan kreativitas anak mengakibatkan banyak orangtua yang mengikutsertakan anak usia 1-5 tahun pada pendidikan pra-sekolah. Semakin meningkatnya keinginan orangtua dalam pendidikan pra sekolah tersebut tidak dibarengi dengan peningkatan prasarana untuk mewadahi kegiatan pendidikan pra sekolah yang sesuai dengan karakter anak dan karakter kota kudus sendiri sebagai kota Wali. Konsep desain bangunan Kid’s Corner berdasarkan pada karakter anak yang bebas dinamis, aktif, dan bermain dengan permainan bentukbentuk dasar geometris (persegi, segitiga, dan lingkaran). Sehingga diharapkan dapat menggabungkan pendidikan intelegensi, pengenalan agama, serta permainan sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya. Karena pra-sekolah yang baik adalah pra-sekolah yang mampu mengembangkan dan merangsang kecerdasan anak yang tidak hanya mengenalkan kemampuan akademik dan emotional spiritual (budaya, agama) tetapi juga menjadi ceria dengan bermain, berimajinasi, serta bebas berekspresi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KID’S CORNER |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 28 Oct 2011 10:16 |
Last Modified: | 28 Oct 2011 10:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15261 |
Actions (login required)
View Item |