PENETAPAN KADAR POLUTAN TIMBAL (Pb) DALAM SAWI CAISIN (Brassica juncea (L.)) DITANAM DI LOKASI RAMAI DAN SEPI LALU LINTAS KENDARAAN BERMOTOR SECARA SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM

ARSYAD, ARIANI (2007) PENETAPAN KADAR POLUTAN TIMBAL (Pb) DALAM SAWI CAISIN (Brassica juncea (L.)) DITANAM DI LOKASI RAMAI DAN SEPI LALU LINTAS KENDARAAN BERMOTOR SECARA SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
hal_depan.pdf

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
bab_1.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Isi)
daftar_isi.pdf

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pencemaran lingkungan sangat meningkat seiring dengan kepadatan penduduk dan meningkatnya taraf hidup masyarakat. Banyaknya kendaraan bermotor di Indonesia yang masih tinggi merupakan salah satu faktor penyebab tingginya kontaminasi timbal pada lingkungan sehingga dapat menyebabkan sayuran yang ditanam dekat jalan padat lalu lintas mengandung timbal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya kandungan logam timbal pada sayur sawi caisin yang ditanam di lokasi ramai dan sepi lalu lintas kendaraan bermotor. Sampel diambil secara acak dalam satu spesies di lokasi tanam ramai yaitu desa Padas Jatinom-Klaten dan lokasi tanam sepi yaitu daerah Selo- Boyolali. Sampel kemudian dipreparasi dan diuji kadar logam timbal dengan menggunakan metode Spektrofotometri Serapan Atom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada sampel sawi caisin di lokasi tanam ramai dan sepi terdapat kandungan logam timbal. Konsentrasi rata-rata untuk logam timbal dalam sampel sawi caisin di lokasi tanam ramai adalah 0,1423 μg/g dan untuk logam timbal di lokasi tanam sepi adalah 0,05354 μg/g. Menurut statistik dapat disimpulkan bahwa hasil uji berbeda signifikan. Namun jenis sayuran sawi caisin masih layak dikonsumsi oleh masyarakat karena masih dibawah ambang batas normal menurut surat keputusan Direktur Jendral Pengawasan Obat dan Makanan nomor: 03725/B/SK/VII/89 yaitu sebesar 2 ppm.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Logam Pb (Timbal), Sawi Caisin, Spektrofotometri Serapan Atom (SSA).
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 21 Oct 2011 11:02
Last Modified: 21 Oct 2011 11:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15212

Actions (login required)

View Item View Item