HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN BERPIKIR POSITIF DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA REMAJA TUNA DAKSA

HANDAYANI, SRI (2011) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN BERPIKIR POSITIF DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA REMAJA TUNA DAKSA. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (121kB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (bap2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (bap3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (bap4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (bap5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)

Abstract

Perjalanan hidup manusia mengalami beberapa tahap pertumbuhan, dimulai dari masa bayi, anak-anak, remaja, dewasa dan masa tua. Pada masa remaja banyak muncul perubahan baik segi fisik maupun sosial. Perubahan tersebut memicu timbulnya kecemasan dalam kehidupan sosialisasi remaja. Hal ini akan mempengaruhi hubungan interpersonal dengan orang normal yang akan menghambat proses penyesuaian sosialnya oleh karena itu diperlukan pembentukan konsep diri yang baik dan perlu ditumbuhkannya pola berpikir positif pada penyandang tuna daksa bahwa mereka memiliki kemampuan yang sama dengan orang normal meskipun memiliki keterbatasan secara fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan berpikir positif dengan penyesuaian sosial pada remaja tuna daksa. Hipotesis mayor yang diajukan yaitu ada hubungan antara konsep diri dan berpikir positif dengan penyesusian sosial, sedangkan hipotesis minor yang di ajukan adalah ada hubungan positif antara konsep diri dengan penyesuaian sosial dan ada hubungan positif antara berpikir positif dengan penyesuaian sosial. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi BBRSBD yang berjumlah 115 orang dengan sampel 35 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive non random sampling. Adapun ciri-ciri sampel dalam penelitian ini yaitu : remaja usia 16-21 tahun dan siswa-siswi BBRSBD Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu skala konsep diri, skala berpikir positif, dan skala penyesuaian sosial. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi dua prediktor ada hubungan yang sangat signifikan antara konsep diri dan berpikir positif dengan penyesuaian sosial dengan R = 0,691 dengan p < 0,01 dan Fregresi = 14,638 dengan p < 0,01, kemudian rparx1y = 0,293 dengan p < 0,05 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan penyesuaian sosial, yang berarti semakin tinggi konsep diri maka semakin tinggi penyesuaian sosial subjek, begitu sebaliknya. Hasil rpar-x2y = 0,500 dengan p < 0,05 yang berarti ada hubungan antara berpikir positif dengan penyesuaian sosial, yang berarti semakin tinggi berpikir positif maka semakin tinggi pula penyesuaian sosial subjek, begitu sebaliknya. Peranan atau sumbangan efektif konsep diri terhadap penyesuaian sosial = 4,9 % dan peranan atau sumbangan efektif berpikir positif terhadap penyesuaian sosial = 42,9 %. Rerata empirik konsep diri sebesar 110,343 dan rerata hipotetik sebesar 90 yang berarti subjek penelitian memiliki tingkat konsep diri yang tinggi. Rerata empirik berpikir positif sebesar 128,086 dan rerata hipotetik sebesar 110 yang berarti subjek penelitian memiliki tingkat berpikir positif yang tinggi. Rerata empirik penyesuaian sosial sebesar 105,200 dan rerata hipotetik sebesar 82,5 yang berarti subjek penelitian memiliki tingkat penyesuaian sosial yang tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara konsep diri dan berpikir positif dengan penyesuaian sosial pada remaja tuna daksa.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: konsep diri, berpikir positif dengan penyesuaian sosial pada remaja tuna daksa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 21 Oct 2011 10:34
Last Modified: 21 Oct 2011 10:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15205

Actions (login required)

View Item View Item