RANCANGAN PROGRAM PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) INDUSTRI TEKSTIL (Studi Kasus pada Perusahaan Tekstil di Sukoharjo)

RACHMAWATI, DIAN KOERNIA (2011) RANCANGAN PROGRAM PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) INDUSTRI TEKSTIL (Studi Kasus pada Perusahaan Tekstil di Sukoharjo). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_II.pdf

Download (275kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Adanya Undang Undang Perseroan Terbatas yang mengatur tentang pelaksanaan Corporate Social Responsibility atau tanggung jawab sosial dan lingkungan, maka kegiatan CSR menjadi sesuatu yang wajib bagi perusahaan-perusahaan. Namun hasil pengamatan di lapangan ditemukan bahwa pelaksanaan CSR masih bersifat insidentil, juga masih terdapat gap antara harapan masyarakat (rata-rata sebesar 4,034) dengan realisasi program yang telah dilaksanakan oleh perusahaan (rata-rata sebesar 3,426). Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menyusun rancangan program yang dapat dipakai sebagai alternatif bagi perusahaan dalam pelaksanaan CSR, khususnya pada Industri Tekstil di Sukoharjo. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui survey pada dua industri tekstil di Sukoharjo dalam skala kecil dan besar (dari 5 industri tekstil yang ada berdasarkan data keanggotaan dalam Asosiasi Pertekstilan Indonesia). Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan distribusi frekuensi dan diagram cartesius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program CSR tersebut menumbuhkan citra positif bagi perusahaan berdasarkan hampir 80% penilaian responden. Sedang partisipasi masyarakat masih harus ditingkatkan lagi, walaupun mayoritas menilai positif, tetapi masih terdapat lebih dari 30% responden yang menilai bahwa masyarakat kurang berpartisipasi. Program CSR cukup dinilai positif, tetapi masih terdapat gap antara harapan masyarakat dan realisasi yang ada, rata-rata sebesar 0,6. Berdasarkan program yang ada, dilakukan evaluasi dengan kriteria : manfaat untuk masyarakat, kemungkinan pelaksanaan dan keterlibatan masyarakat. Rancangan program yang disusun, ditujukan sebagai alternatif yang bisa dipakai untuk meningkatkan pelaksanaan CSR dan meningkatkan manfaat yang bisa diperoleh baik oleh masyarakat maupun perusahaan. Program tersebut terdiri dari lima pilar utama yaitu ekonomi, sosial, lingkungan, kesehatan dan pendidikan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: corporate social responsibility, citra perusahaan, partisipasi masyarakat, program CSR.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Oct 2011 10:22
Last Modified: 17 Oct 2011 10:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15134

Actions (login required)

View Item View Item