STUDI PENGARUH PARAMETER PEMOTONGAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN PADA PROSES END MILLING DENGAN MENGGUNAKAN PENDINGINAN SEMI SINTETIK

WIBOWO, NANANG (2011) STUDI PENGARUH PARAMETER PEMOTONGAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN PADA PROSES END MILLING DENGAN MENGGUNAKAN PENDINGINAN SEMI SINTETIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (520kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Proses permesinan merupakan sebuah keharusan dalam industri manufaktur terutama untuk pembuatan komponen–komponen mesin dari logam. Dalam hal ini proses milling berlangsung karena adanya gerak relatif antara pahat dengan benda kerja, maka ditimbulkan kekasaran permukaan pada benda kerja. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui seberapa jauh jenis variasi pendingin dan parameter pemotongan terhadap tingkat kekasaran permukaan pada proses pengefraisan jari (End Milling) untuk pembuatan dies dan mould. Pada pengujian kekasaran proses end milling ini menggunakan pendingin oil semi sintetik. Pengujian ini divariasikan kecepatan potong 5.8404 m/menit, 17.27 m/menit, 24.2408 m/menit, dengan variasi pemakanan 0.01 mm, 0.03 mm, 0.06 mm dan dengan variasi kedalaman potong 2 mm, 4 mm, 6 mm. Benda kerja yang akan di uji sebanyak 54 spesimen. Untuk pengambilan data tingkat kekasaran dilakukan dengan alat Surface Roughness. Hasil data yang di ambil kemudian diolah dengan menggunakan software, yang berfungsi untuk membandingkan hasil proses end milling yang telah di variasikan. Hasil penelitian diketahui bahwa kecepatan potong, pemakanan, kedalaman potong dan media pendingin mempunyai pengaruh terhadap kekasaran permukaan benda kerja hasil proses end milling. Semakin tinggi kecepatan potong menghasilkan tingkat kekasaran yang lebih kecil. Sedangkan pada gerak pemakanan yang tinggi menghasilkan kualitas permukaan yang kurang baik dan untuk kedalaman pemotongan yang tebal menghasilkan kualitas permukaan yang kurang baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: End Milling, variasi parameter pemotongan, pendingin semi sintetik
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Oct 2011 09:04
Last Modified: 14 Oct 2011 09:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15105

Actions (login required)

View Item View Item