PRANATA, TENANG (2011) PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH SYARIAH DI SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KOTTA BARAT SURAKARTA T E S I S. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (haldepan)
cover.pdf Download (524kB) |
|
|
PDF (bap1)
Bab_1.pdf Download (33kB) |
|
PDF (bap2)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (bap3)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (bap4)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
PDF (bap5)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
PDF (bap6)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
|
PDF (daftarpustaka)
Bab_6.pdf Download (19kB) |
|
PDF (lampiran)
Lampiran_Tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan : 1) pengembangan kurikulum sekolah syari’ah sebagai bagian dari pengelolaan pembelajaran ; 2) peran kepala sekolah dan pendidik pada pelaksanaan kurikulum sekolah syari’ah sebagai bagian dari pengelolaan pembelajaran ; 3) monitoring dan evaluasi kurikulum sekolah syari’ah sebagai bagian dari pengelolaan pembelajaran berbasis mutu di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottbarat Surakarta Berdasarkan tujuan dalam penelitian, yaitu pengembangan, pelaksanaan, dan monitoring evaluasi pengelolaan pembelajaran , maka jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, pengamatan, dan doumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dengan tiga prosedur yaitu : 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3 ) penarikan kesimpulan / verifikasi. Hasil penelitian 1). Pembelajaran di SD Muhammadiyah Program KhususKottabarat berpedoman pada kurikulum sekolah syari’ah, yang merupakan modifikasi isi dari kurikulum nasional ( kurikulum tingkat satuan pendidikan ). Kurikulum tersebut akan senantiasa dikembangkan melalui penelitian dan serta pelatihan guru secara bertahap dan berkelanjutan , 2). Peran kepala sekolah dan pendidik dalam pengelolaan pembelajaran berbasis mutu sangatlah penting, terlebih pelaksanaan kurikulum sekolah syari’ah, harus ada pemahaman dan pemaknaan yang sama antara kepala sekolah dan guru terhadap kurikulum, yaitu bahwa perencanaan pembelajaran diminta menggabungkan dalil- dalil ( Al Quran dan Al Hadits ) yang berkaitan dengan kompetensi yang diajarkan, 3) Monitoring dan Evaluasi kurikulum sekolah syari’ah telah dipersiapkan dengan baik, monitoring oleh kepala sekolah dalam bentuk supervisi klinis, dan evaluasi pembelajaran dilaksanakan oleh pendidik dalam bentuk pre test, post tes, ulangan harian, ulangan tengah semester UTS ), ulangan akhir semester UAS ) , dan ujian. Semua hasil evaluasi belajar selalu dilaporkan kepada orang tua peserta didik dalam bentul buku kegiatan siswa dan raport.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teaching and learning management, syariah school curriculum |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works B Philosophy (General) X General Subject |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 10 Oct 2011 10:01 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 02:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15048 |
Actions (login required)
View Item |