PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE BERMAIN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DASAR PADA ANAK USIA PRASEKOLAH PADA TK DHARMA WANITA PATIHAN SIDOHARJO KABUPATEN SRAGEN

SETYONINGSIH, SETYONINGSIH (2011) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE BERMAIN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DASAR PADA ANAK USIA PRASEKOLAH PADA TK DHARMA WANITA PATIHAN SIDOHARJO KABUPATEN SRAGEN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
BAB__1.pdf

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (pernyataan)
SURAT_PERNYATAAN_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (bAb.2)
BAB__2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (bab.3)
BAB__3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (bab.4)
BAB__4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (bab.5)
BAB__5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (bab.6)
BAB__6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran dengan metode bermian guna mengembangkan kemampuan dasar pada anak usia prasekolah pada TK Dharma Wanita Patihan Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen. Sejalan dengan tujuannya, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan rancangan etnografi. Data dikumpulkan melalui instrumen berbentuk angket, observasi, dokumentasi; wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan Strategi pembelajaran dengan metode bermain untuk meningkatkan kemampuan dasar anak dilakukan dengan dengan dua tahapan pada setiap tahapannya menggunakan langkah-langkah: menyusun suatu perencanaan pembelajaran, melaksanakan tindakan pembelajaran dan melakukan pengamatan pada anak saat mengikuti pelajara n dan mengadakan evaluasi. Untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran dengan metode bermain agar meningkatkan kemampuan dasar anak TK. Siswa yang telah dinyatakan memiliki ketuntasan belajar apabila memiliki kemampuan dasar sesuai harapan baik yang mendapatkan bantuan maupun tidak mendapatkan ba ntuan dari guru, sedangkan anak yang belum tuntas apabila dapat melakukan aktivitas yang tak sesuai dengan harapan atau cenderung pasif Kegiatan guru untuk menumbuhkembangkan kemampuan dasar peserta didiknya adalah melalui pembelajaran yang mampu menggali atau merangsang kemampuan dasar anak dengan menggunakan prinsip “Bermain sambil Belajar” belajar seraya bermain dan saat anak dalam keluarga harus diajari dengan demokratis, pencarian bersama, keteladanan, live in dan penjernihan nilai.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peng elolaan, Metode Bermain, Kemampuan Dasar, PAUD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 10 Oct 2011 04:05
Last Modified: 10 Oct 2011 04:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15034

Actions (login required)

View Item View Item