ENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (Studi Situs SMA Negeri 1 Polanharjo Kabupaten Klaten)

SUKARDI, SUKARDI (2011) ENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (Studi Situs SMA Negeri 1 Polanharjo Kabupaten Klaten). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
2_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (752kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
3_BAB_I.pdf

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
9_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
11_Lampiran_Foto.pdf

Download (15MB)
[img]
Preview
PDF (pernyataan)
SURAT_PERNYATAAN_PUBLIKASI.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (bab.2)
4_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (bab.3)
5_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (bab.4)
6_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (bab.5)
7_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (bAb.6)
8_BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran Matematika Realistik yang dilaksanakan oleh guru Matematika di SMA Negeri 1 Polanharjo. (2) mendeskripsikan evaluasi dalam pembelajaran Matematika Realistik di SMA Negeri 1 Polanharjo. (3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh guru Matematika dalam melaksanakan pembelajaran Matematika Realistik di SMA Negeri 1 Polanharjo. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Polanharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian kualitatif terdiri dari tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan dengan verifikasinya. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) PMR terbukti mampu menumbuhkan sikap positif terhadap siswa terhadap matematika, hal ini disebabkan karena dengan PMR penyampaian matematika dapat menyenangkan, mudah dipahami, tidak menakutkan, dan tunjukkan bahwa matematika banyak kegunaannya. Pelaksanaan pembelajaran PMR guru memilih dan menyesuaikan materi dengan lingkungan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari (kontekstual) dan tingkat kognitif siswa, dimulai dengan cara-cara informal melalui pemodelan sebelum dengan cara formal. Pelaksanaan PMR dilakukan oleh guru dengan memberikan contoh nyata, sehingga mampu menanamkan sikap positif pada siswa. (2) Evaluasi pembelajaran PMR yang dilakukan oleh guru sebelum dan sesudah pembelajaran, evaluasi harian, dan evaluasi tengah semester dan akhir semester. Objek dan sasaran evaluasi pembelajaran PMR adalah komponen- komponen sistem pengajaran itu sendiri, baik yang berkenaan dengan masukan proses maupun dengan keluaran, dengan semua dimensinya, dengan ciri pertimbangan, deskripsi objek, dan kreteria yang dapat dipertanggungjawabkan. (3) Jumlah siswa yang besar merupakan kendala yang berakibat pada kesulitan guru dalam menerapkan PMR, dan berakibat pada keramian yang dapat mengganggu kelas lain. Waktu pelaksanaan pembelajaran yang cukup lama baik dalam persiapan maupun dalam proses pembelajaran, mengganggu pelaksanaan penjadwalan pembelajaran lain. Kreativitas guru belum semuanya baik sehingga pelaksanaan pembelajaran PMR masih belum dapat berjalan dengan olptimal.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, pembelajaran matematika realistik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 10 Oct 2011 03:49
Last Modified: 10 Oct 2011 03:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15033

Actions (login required)

View Item View Item