Purwaningsih T, Sri (2011) Pengelolaan Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Information and Communication Technology di SMP Negeri 2 Selogiri. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (halaman depan)
Halaman_Depan.pdf Download (70kB) |
|
|
PDF (bab.1)
BAB_I.pdf Download (46kB) |
|
|
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
|
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (339kB) |
|
|
PDF (pernyataan)
SURAT_PERNYATAAN.pdf Download (9kB) |
|
PDF (bab.2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF (bab.3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (bab.4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (bab.5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (bab.6)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan media informasi komputer di SMP Negeri 2 Selogiri wonogiri. Sampel yang diambilmdalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Selogiri sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode diskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan observasi yang dilakukan pada kepala sekolah dan guru serta siswa. Observasi dilakukan dengan memantau pelaksanaan proses pembelajaran dan melihat perangkat media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, karakteristik perencanaan pembelajaran IPA, disusun sesuai standar pendidikan dengan membuat rencana pembelajaran dalam bentuk power poin pada media komputer. Penyusunan rencana pembelajaran juga disertakan berbagai bentuk animasi yang merangsang daya kreatifitas siswa. Karakteristik pelaksanaan pembelajaran IPA dilaksanakan dengan metode yang sesuai dengan materi yang diajarkan dalam melaksanakan proses pembelajaran guru memanfaatkan waktu dengan tepat. Karakteristik evaluasi pembelajaran IPA bagi guru SMP Negeri 2 Selogiri telah sesuai dengan standar pendidikan. Evaluasi dilaksanakan dalam bentuk tes sumatif, formatif dan tes bersama.Secara keseluruhan telah menunjukkan peningkatan kemampuan ssekolah dalam mengelola pembelajaran melalui pendekatan ICT.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, media Komputer, metode pembelajaran, evaluasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 13 Jan 2012 09:13 |
Last Modified: | 19 Jan 2012 07:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15027 |
Actions (login required)
View Item |