UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN PANDAN WANGI (Pandanus ammaryllifolius Roxb.) TERHADAP Propionibacterium acnes DAN Pseudomonas aeruginosa SERTA SKRINING FITOKIMIA

SETIORINI, HERMAWATI EVA (2011) UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN PANDAN WANGI (Pandanus ammaryllifolius Roxb.) TERHADAP Propionibacterium acnes DAN Pseudomonas aeruginosa SERTA SKRINING FITOKIMIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (259kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
BAB_1.pdf

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (dafatar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (355kB)
[img]
Preview
PDF (pernyataan)
SURAT_PERNYATAAN_PUBLIKASI.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (bab.2)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (bab.3)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (bab.4)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)

Abstract

Penyakit infeksi merupakan masalah kesehatan di masyarakat yang tidak pernah dapat diatasi secara tuntas dan masih menjadi penyakit utama penyebab kematian di dunia termasuk Indonesia. Penelitian sebelumnya disebutkan bahwa pemberian perasan air daun pandan wangi dengan konsentrasi 90% memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penghambatan pertumbuhan bakteri Escherichia coli. Penelitian lain menyebutkan bahwa ada aktivitas antibakteri dari spesies pandan yang lain yaitu Pandanus tectorius yang menunjukkan penghambatan pertumbuhan terhadap beberapa spesies bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji aktivitas antibakteri ekstrak etanol daun pandan wangi (Pandanus ammaryllifolius Roxb.) terhadap Propionibacterium acnes dan Pseudomonas aeruginosa, serta dilakukan skrining fitokimia untuk mengetahui golongan senyawa yang terdapat pada daun pandan wangi (Pandanus ammarylliolius Roxb.). Ekstrak etanol daun pandan wangi diperoleh dengan cara maserasi menggunakan penyari etanol 96%. Uji aktivitas antibakteri menggunakan seri konsentrasi 5%; 6%; 7%; 8%; 9%; 10% untuk P. acnes dan P. aeruginosa. Kandungan senyawa kimia yang terdapat dalam ekstrak etanol daun pandan wangi dianalisis dengan metode uji tabung dan Kromatografi Lapis Tipis (KLT), dengan fase diam silika gel GF 254 dan fase gerak heksan : etil asetat (6:4) v/v. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun pandan wangi memiliki aktivitas antibakteri terhadap Propionibacterium acnes dan Pseudomonas aeruginosa dengan Kadar Hambat Minimum (KHM) sebesar 8%. Identifikasi senyawa dengan metode uji tabung dan kromatografi lapis tipis menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun pandan wangi mengandung senyawa flavonoid, alkaloid, saponin, tanin, dan minyak atsiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pandanus ammaryllifolius Roxb, Propionibacterium acnes, Pseudomonas aeruginosa, Antibakteri
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 07 Oct 2011 09:19
Last Modified: 07 Oct 2011 09:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15017

Actions (login required)

View Item View Item