OPTIMASI TABLET HISAP EKSTRAK ETANOLIK DAUN JATI BELANDA (Guazuma ulmifolia Lamk.) DENGAN KOMBINASI MANITOL dan NATRIUM KARBOKSIMETILSELULOSA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FACTORIAL DESIGN

NURCAHYANTO, ANDI (2011) OPTIMASI TABLET HISAP EKSTRAK ETANOLIK DAUN JATI BELANDA (Guazuma ulmifolia Lamk.) DENGAN KOMBINASI MANITOL dan NATRIUM KARBOKSIMETILSELULOSA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FACTORIAL DESIGN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
ANDI_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (170kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
ANDI-1.pdf

Download (191kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
ANDI_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
ANDI_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (pernyataan)
ANDI_SURAT_PERNYATAAN_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (bab.2)
ANDI-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (bab.3)
ANDI-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] PDF (bab.4)
ANDI-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)

Abstract

Daun jati belanda (Guazuma ulmifolia L.) adalah salah satu tanaman yang berkhasiat sebagai pelangsing tubuh. Penggunaan daun jati belanda di masyarakat masih secara tradisional, sehingga perlu dikembangkan menjadi bentuk sediaan yang lebih praktis dan mempunyai rasa yang yang enak bila dikulum yaitu tablet hisap. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh CMC-Na dan Manitol terhadap respon yang dihasilkan dari sifat fisik tablet hisap dan konsentrasi CMC-Na dan manitol yang optimum dengan metode factorial design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode factorial design 22 tablet dibuat menjadi 4 formula dengan variasi konsentrasi bahan pengikat dan bahan pengisi 69-800 mg, 69-1200 mg, 138-800 mg, 138-1200 mg. Uji granul meliputi: uji kecepatan alir, sudut diam dan pengetapan, setelah itu granul dibuat tablet dan diuji sifat fisik tablet meliputi: uji keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan dan uji responden. Data dianalisis menggunakan progam Design Expert 8 dan didapatkan titik optimum pada Contour plot supperimposed. Validitas hasil verifikasi dengan hasil prediksi berdasarkan metode factorial design diuji statistik dengan menggunakan progam SPSS versi 17 dengan uji one sample t-Test dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan adanya interaksi antara CMC-Na dan manitol, yakni kenaikkan konsentrasi CMC-Na dan meningkatnya konsentrasi manitol, dapat menurunkan kecepatan alir, menurunkan kekerasan tablet dan memperlama waktu larut tablet. Pada daerah Contour plot superimposed didapatkan salah satu daerah titik optimum dengan konsentrasi CMC-Na 136,91 mg dan mannitol 1195,28 mg.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tablet hisap, CMC-Na, Manitol, Factorial design.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 06 Oct 2011 03:42
Last Modified: 06 Oct 2011 03:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14993

Actions (login required)

View Item View Item