IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMS PADA PASIEN ANAK DEMAM BERDARAH DENGUE DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT Dr. SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN TAHUN 2007

WIBOWO, SOFYAN WAHYU (2011) IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMS PADA PASIEN ANAK DEMAM BERDARAH DENGUE DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT Dr. SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN TAHUN 2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
2_Halaman_Depan.pdf

Download (338kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
3_Bab_I.pdf

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
7_Daftar_Pustaka.pdf

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
8_Lampiran.pdf

Download (709kB)
[img]
Preview
PDF (pernyataan)
1_Surat_Pernyataan.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (bab.2)
4_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (bab.3)
5_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (bab.4)
6_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)

Abstract

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit primer dengan angka kejadian yang besar dan banyak terjadi pada anak-anak, mempunyai peluang besar akan terjadinya Drug Related Problems. Drug Related Problems (DRPs) merupakan kejadian yang tidak diharapkan dari pengalaman pasien akibat atau diduga akibat terapi obat sehingga kenyataan atau potensial mengganggu keberhasilan penyembuhan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya angka kejadian DRPs potensial yang meliputi obat salah, dosis kurang, dosis lebih dan interaksi obat pada pasien demam berdarah anak di Rumah Sakit Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan menggunakan rancangan penelitian secara deskriptif retrospektif. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari catatan rekam medik pada seluruh pasien demam berdarah anak di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten dengan umur 1-14 tahun. Data yang dianalisis meliputi obat salah, dosis kurang, dosis lebih dan interaksi obat dengan menggunakan buku standar Pediatric Dosage Handbook. Hasil penelitian menunjukkan jumlah kasus demam berdarah dengue sebanyak 97, dengan obat salah 1 kasus (1,03%), dosis kurang 15 kasus (15,46%), dosis lebih 7 kasus (7,22%) dan interaksi obat 1 kasus (1,03%). Kejadian DRPs yang paling sering terjadi dalam penelitian ini adalah dosis kurang sebesar 15,46% dari keseluruhan total kasus kejadian DRPs.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Drug Related Problems, Demam Berdarah, Anak, Rumah Sakit Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 05 Oct 2011 11:40
Last Modified: 05 Oct 2011 11:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14985

Actions (login required)

View Item View Item