EVALUASI KANDUNGAN LOGAM BERAT Pb DAN Cd DALAM IKAN NILA (Orheocromis niloticus) DI PERAIRAN SUNGAI BENGAWAN SOLO DI SEKITAR KAWASAN INDUSTRI JURUG SURAKARTA

PAWITRI, NOVITA RATRI (2011) EVALUASI KANDUNGAN LOGAM BERAT Pb DAN Cd DALAM IKAN NILA (Orheocromis niloticus) DI PERAIRAN SUNGAI BENGAWAN SOLO DI SEKITAR KAWASAN INDUSTRI JURUG SURAKARTA. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (220kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Pencemaran logam berat pada Sungai Bengawan Solo dapat menyebabkan akumulasi pada biota air seperti ikan. Beberapa spesies ikan termasuk nila dari sungai tersebut sering dikonsumsi oleh masyarakat. Apabila ikan yang dikonsumsi tersebut telah tercemar oleh logam berat maka dapat membahayakan kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan logam berat Pb dan Cd pada ikan Nila (Oreochromis niloticus) di Perairan Sungai Bengawan Solo di sekitar kawasan Industri Jurug Surakarta. Ikan nila diperoleh dari tiga tempat di Sungai Bengawan Solo pada bulan Maret 2011 di kawasan Jurug. Ikan nila diekstraksi, ditimbang dan dikeringkan dalam oven selama 24 jam pada 1050C-1200C. Lima gram sampel kering kemudian dihomogenkan dan didestruksi dengan HNO3 dan HClO4. Analisis logam berat menggunakan Spektrofotometri Serapan Atom (SSA). Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa daging ikan nila dari Sungai Bengawan Solo terkontaminasi oleh logam Pb dan Cd. Cemaran logam Pb dan Cd dalam ikan nila pada 3 titik tidak berbeda signifikan. Rata-rata cemaran Pb dan Cd berturut-turut adalah 0,4698±0,2515 ppm dan 0,1972±0,0487 ppm. Tingkat logam berat dalam daging ikan nila ditemukan berada di atas batas pencemaran menurut (SNI 7387:2009) logam berat dalam ikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK K100/2011-021
Uncontrolled Keywords: Logam berat, Ikan Nila (Oreochromis niloticus), Spektrofotometri Serapan Atom (SSA), Sungai Bengawan Solo.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 05 Oct 2011 10:41
Last Modified: 10 Nov 2011 07:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14975

Actions (login required)

View Item View Item