FORMULASI SEDIAAN GEL EKSTRAK LIDAH BUAYA (Aloe vera (L.) Webb) DENGAN GELLING AGENT KARBOPOL 934 DAN UJI EFEK PENYEMBUHAN LUKA BAKAR

JANUWARDANI, NIA FARDILLIA (2011) FORMULASI SEDIAAN GEL EKSTRAK LIDAH BUAYA (Aloe vera (L.) Webb) DENGAN GELLING AGENT KARBOPOL 934 DAN UJI EFEK PENYEMBUHAN LUKA BAKAR. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)

Abstract

Lidah buaya (Aloe vera (L.) Webb) memiliki kandungan acemannan (mannosa-6 fosfat) yang diduga berperan dalam penyembuhan luka bakar. Ekstrak lidah buaya diaplikasikan dalam bentuk sediaan gel dengan menggunakan variasi konsentrasi gelling agent karbopol 934 3%, 5% dan 7% untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kecepatan penyembuhan luka bakar dan sifat fisik gel. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan rancangan penelitian acak lengkap sama subjek. Uji dilakukan dengan cara mencukur punggung kelinci New Zealand White, kemudian dianastesi lokal dengan etil klorida, setelah itu diinduksi panas (suhu 80 0C selama 10 detik). Gel dioleskan satu kali sehari, kemudian ditutup dengan kain kasa steril. Diameter luka bakar diukur sampai sembuh. Data waktu penyembuhan luka bakar sampai 100% dan uji sifat fisik (uji melekat dan daya sebar), dianalisis dengan uji statistik dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenaikan konsentrasi gelling agent karbopol 934 menyebabkan penurunan homogenitas, daya lekat, daya sebar, peningkatan viskositas, sedikit merubah pH, namun tidak merubah kemampuan proteksi, selain itu tidak mempengaruhi kecepatan efek penyembuhan luka bakar yang signifikan. Sediaan gel ekstrak lidah buaya pada konsentrasi karbopol 934 3% mampu menyembuhkan luka bakar 17,6 + 2,88 hari, lebih cepat dibandingkan dengan yang menggunakan konsentrasi karbopol 5% dan 7%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gel, lidah buaya, luka bakar, karbopol 934
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 05 Oct 2011 09:21
Last Modified: 05 Oct 2011 09:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14949

Actions (login required)

View Item View Item