UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA EKSTRAK ETANOL RIMPANG LEMPUYANG GAJAH (Zingiber zerumbet (L.) J. E. Smith) TERHADAP Staphylococcus aureus, Escherichia coli, DAN Candida albicans

PUSPITASARI, ICA (2011) UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA EKSTRAK ETANOL RIMPANG LEMPUYANG GAJAH (Zingiber zerumbet (L.) J. E. Smith) TERHADAP Staphylococcus aureus, Escherichia coli, DAN Candida albicans. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
BAB_0_(COVER-INTISARI).pdf

Download (379kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
BAB_I.pdf

Download (493kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img]
Preview
PDF (pernyataan)
SURAT_PERNYATAAN_PUBLIKASI_ICA.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (737kB)
[img] PDF (bab.2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (bab.3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] PDF (bab.4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)

Abstract

Penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, dan parasit merupakan salah satu masalah yang terus berkembang. Salah satu tanaman obat yang secara empirik banyak digunakan sebagai obat tradisional adalah lempuyang gajah (Zingiber zerumbet (L.) J. E. Smith) terutama bagian rimpangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kadar Bunuh Minimum (KBM) ekstrak etanol rimpang lempuyang gajah (Zingiber zerumbet (L.) J. E. Smith) terhadap Staphylococcus aureus, Escherichia coli, dan Candida albicans serta mengetahui golongan senyawa yang terdapat dalam ekstrak etanol rimpang lempuyang gajah (Zingiber zerumbet (L.) J. E. Smith). Rimpang lempuyang gajah diekstraksi dengan etanol 96% secara maserasi. Uji aktivitas antimikroba menggunakan metode dilusi padat. Seri konsentrasi ekstrak yang digunakan adalah 3% b/v, 4% b/v, 5% b/v, 6% b/v, dan 7% b/v. Skrining fitokimia dilakukan menggunakan uji tabung. Kromatografi Lapis Tipis menggunakan fase diam silika gel GF254 dan fase gerak kloroform:metanol (95:5) untuk identifikasi golongan senyawa dalam ekstrak, sedangkan sistem fase gerak toluen:etil asetat (97:3) untuk identifikasi kualitatif keberadaan zerumbon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol rimpang lempuyang gajah mempunyai aktivitas antimikroba terhadap Staphylococcus aureus, Escherichia coli, dan Candida albicans dengan KBM berturut-turut sebesar 4% b/v, 5% b/v, dan 7% b/v. Golongan senyawa kimia yang terkandung dalam ekstrak tersebut adalah saponin, flavonoid, polifenol, minyak atsiri, dan zerumbon.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Zingiber zerumbet (L.) J. E. Smith, Staphylococcus aureus, Escherichia coli, Candida albicans, Skrining Fitokimia, Kromatografi Lapis Tipis.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 04 Oct 2011 10:33
Last Modified: 04 Oct 2011 10:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14921

Actions (login required)

View Item View Item