TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI KAMAR OBAT PUSKESMAS GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO

STYARINI, ZULIANA (2011) TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI KAMAR OBAT PUSKESMAS GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover-intisari.pdf

Download (170kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian di puskesmas yang berkualitas adalah pelayanan yang sesuai standar pelayanan. Kepuasan pengunjung menunjukkan kualitas pelayanan yang telah diberikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pengunjung terhadap pelayanan kefarmasian di kamar obat Puskesmas Grogol Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan secara observasional. Pada kuesioner dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Populasi adalah pengunjung (pasien dan/atau pengantar pasien dan/atau keluarga pasien) yang telah menebus resep di kamar obat. Sampel diambil dengan metode purposive sampling terhadap populasi yang memenuhi kriteria inklusi. Kuesioner dianalisa dengan skala Likert. Kepuasan diukur dengan membandingkan antara kinerja dan harapan. Hasil penelitian diketahui bahwa pengunjung merasa cukup puas dengan pelayanan kefarmasian yang diterima (0,915 ± 0,075). Pelayanan yang perlu diprioritaskan peningkatan pelayanannya adalah: pelayanan pembungkus obat, pemberian informasi fungsi obat, cara pemakaian obat serta tanggapan terhadap keluhan pengunjung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepuasan pengunjung, puskesmas, pelayanan kefarmasian
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Sep 2011 05:08
Last Modified: 30 Sep 2011 12:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14844

Actions (login required)

View Item View Item