IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMs KATEGORI OBAT SALAH, KETIDAKTEPATAN DOSIS DAN INTERAKSI OBAT PADA PASIEN PNEUMONIA PEDIATRI DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2010

KUSUMAWARDANI, IIS (2011) IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMs KATEGORI OBAT SALAH, KETIDAKTEPATAN DOSIS DAN INTERAKSI OBAT PADA PASIEN PNEUMONIA PEDIATRI DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (308kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)

Abstract

Drug Related Problems (DRPs) merupakan kejadian yang tidak diharapkan dari pengalaman pasien akibat terapi obat sehingga dapat mengganggu keberhasilan terapi. Pneumonia merupakan penyebab kematian terbesar terutama di negara berkembang termasuk Indonesia pada usia anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis DRPs kategori obat salah, ketidaktepatan dosis meliputi dosis kurang dan dosis lebih, dan interaksi obat yang terjadi serta menentukan persentase kejadian dari masing-masing DRPs tersebut pada pasien pneumonia pediatri di instalasi rawat inap RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan cara pengumpulan data secara retrospektif. Populasi pada penelitian ini adalah semua pasien pneumonia pediatri yang tercatat pada data rekam medik di instalasi rawat inap di RSUD Dr. Moewardi Surakarta tahun 2010. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data yang diambil didapatkan 104 kasus pasien pneumonia yang memenuhi kriteria inklusi. Untuk menganalisis kejadian drug related problems dilakukan dengan membandingkan hasil penelitian dengan buku standar yang digunakan antara lain Handbook of Clinical Drug Data, British National Formulary, Informatorium Obat Nasional Indonesia sebagai standar untuk menentukan obat obat salah. Drug Information Handbook dan Pediatric Dosage Handbook sebagai standar untuk menentukan ketidaktepata dosis. Drug Interaction, Drug Interaction Facts sebagai standar untuk menentukan interaksi obat. Tempat penelitian di rumah sakit umum daerah Dr. Moewardi Surakarta. Hasil penelitian ini diketahui jumlah pasien pediatri yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 104 pasien. Dimana kategori obat salah terjadi 38 kejadian (16,59%), dosis kurang 39 kejadian (17,03%), dosis lebih 37 kejadian (16,16%), dan interaksi obat 116 kejadian (50,65%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Drug related problems, Pneumonia, RSUD Dr. Moewardi Surakarta.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Sep 2011 04:53
Last Modified: 30 Sep 2011 12:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14842

Actions (login required)

View Item View Item