PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN PENGGUNAAN ANALGETIK PADA PENGOBATAN SENDIRI BERDASARKAN SOSIODEMOGRAFI PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN KARANGANOM KABUPATEN KLATEN

WULANDARI, IMMAWATI SRI (2011) PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN PENGGUNAAN ANALGETIK PADA PENGOBATAN SENDIRI BERDASARKAN SOSIODEMOGRAFI PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN KARANGANOM KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
02._Halaman_Depan_1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
03._BAB_I.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (bap2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (bap3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (bap4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
07._Daftar_Pustaka.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (lampiran)
08._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengobatan sendiri adalah penggunaan obat oleh masyarakat untuk tujuan pengobatan sakit ringan (minor illnesses), tanpa resep atau intervensi dokter. Banyaknya jenis obat yang ada dipasaran membuat seseorang harus cermat dalam memilih obat sehingga tujuan dari pengobatan tersebut dapat tercapai. Salah satu contoh obat tersebut yaitu analgetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan penggunaan analgetik pada pengobatan sendiri oleh masyarakat di Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten dan mengetahui hubungan (ada tidaknya perbedaan) antara faktor sosiodemografi (jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan dan pendapatan) dengan tingkat pengetahuan penggunaan analgetik pada pengobatan sendiri. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian analitik dengan menggunakan desain cross sectional yaitu jenis penelitian yang variable-variabel penelitian diukur dalam waktu yang bersamaan. Variabel-variabel yang diukur yaitu mencari hubungan antara jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat penghasilan dan pekerjaan dengan pengetahuan penggunaan obat. Data-data diperoleh dari kuesioner yang telah diisi oleh responden. Pemilihan sampel penelitian dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah responden 125 orang. Data penelitian dianalisis dengan uji independent sample t-test dan uji one way anova. Hasil penilaian pengetahuan responden menunjukkan 65,60% pengetahuannya cukup dan 34,40% pengetahuannya baik. Ada perbedaan (nilai p<0,05) tingkat pengetahuan berdasarkan jenis kelamin, tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan. Sedangkan berdasarkan jenis pekerjaan tidak ada perbedaan nilai (p>0,05)tingkat pengetahuan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK K100/2011-038
Uncontrolled Keywords: Tingkat pengetahuan, Analgetik, Pengobatan sendiri, Sosiodemografi, Masyarakat Kecamatan Karanganom.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 29 Sep 2011 10:11
Last Modified: 14 Nov 2011 05:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14818

Actions (login required)

View Item View Item