PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA KASUS OSTEOARTHRITIS GENU DEXTRA DENGAN MODALITAS SHORT WAVE DIARTHERMY DAN TERAPI LATIHAN DI RSUD SUKOHARJO

RATNASARI, PELANGI (2011) PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA KASUS OSTEOARTHRITIS GENU DEXTRA DENGAN MODALITAS SHORT WAVE DIARTHERMY DAN TERAPI LATIHAN DI RSUD SUKOHARJO. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (133kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
BAB_1.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab.2)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] PDF (Bab.3)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab.4)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (BAb.5)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN_(PROTOKOL_STUDI_KASUS).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)

Abstract

Osteoarthritis atau disebut juga penyakit sendi degeneratif adalah suatu kelainan pada kartilago (tulang rawan sendi) yang ditandai dengan perubahan klinis, histologi, dan radiologi. Penyakit ini bersifat asimetris, tidak ada komponen sistemik. Penatalaksanaan fisioterapi pada kasus osteoarthritis genu dextra dengan modalitas short wave diarthermy dan terapi latihan di RSUD Sukoharjo ini dimaksudkan untuk memberikan informasi, pengetahuan, dan pemahaman tentang kasus osteoarthritis genu dextra yang menyebabkan timbulnya berbagai permasalahan fisik yang berhubungan dengan daerah lutut dan modalitas yang diberikan pada kasus ini adalah short wave diarthermy dan terapi latihan. Pelaksanaan fisoiterapi ini dilakukan di RSUD Sukoharjo pada bulan febuari 2011. Pembatasan yang ada pada karya tulis ini bertujuan untuk mengetahui manfaat short wave diarthermy dan terapi latihan pada kasus osteoarthritis genu dextra guna mencapai tujuan fisioterapi berupa penanganan dan pencegahan permasalahan yang berhubungan dengan sendi lutut. Pada kasus ini fisioterapi memberikan terapi dengan short wave diarthermy dan terapi latihan yang diberikan terapi sebanyak 6 kali terapi, dan didapatkan hasil sebagai berikut : adanya penurunan derajat nyeri pada lutut kanan, untuk nyeri diam : T1 = 4 sedangkan untuk T6 = 2, untuk nyeri gerak : T1 = 6 sedangkan T6 = 4, untuk nyeri tekan : T1 = 5 sedangkan untuk T6 = 2. Untuk lingkup gerak sendi lutut kanan, untuk gerak aktif T1 : S = (00 – 00 – 1150) sedangkan untuk T6 : S = (00 – 00 – 1200), utuk gerak pasif T1 : S = (00 – 00 – 1200) sedangkan untuk T6 : S = (00 – 00 – 1250). Adanya peningkatan kekuatan otot fleksor maupun ekstensor lutut kanan, untuk T1 = 4- sedangkan untuk T6 = 4. Adanya peningkatan aktivitas fungsional saat berdiri dari posisi duduk, untuk T1 = 4 sedangkan untuk T6 = 2. Pada saat berjalan 15 meter, untuk T1 = 4 sedangkan untuk T6 = 2. Pada saat naik turun tangga 3 trap, utuk T1 = 3 sedangkan untuk T6 = 2. Saran selanjutnya pada karya tulis ilmiah ini adalah perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui modalitas fisioterapi apa yang berpengaruh diantara modalitas yang telah diterapkan tersebut diatas pada kasus osteoarthritis genu dextra.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Additional Information: RAK J100/2011-001
Uncontrolled Keywords: osteoarthritis, short wave diarthermy, terapi latihan.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 29 Sep 2011 04:02
Last Modified: 05 Nov 2011 05:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14791

Actions (login required)

View Item View Item