APRILIA , ENDANG HAJAT (2008) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM KABUPATEN SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
K100040095.pdf Download (778kB) |
|
PDF
K100040095.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Salah satu tantangan terbesar dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit adalah terpenuhinya harapan masyarakat akan mutu kualitas pelayanan farmasi yang dapat memberikan kepuasan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasaan, mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasaan serta untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasaan pasien rawat jalan instalasi farmasi Rumah Sakit Umum Kabupaten Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel sebanyak 100 responden dengan kriteria pasien rawat jalan yang sudah mendapatkan pelayanan, umur 15 sampai 80 tahun. Pemilihan sampel dengan metode purposive sample. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner yang mencakup 5 dimensi yaitu dimensi keandalaan, daya tanggap, kepastian, empati dan berwujud . Pengolahan dan analisis data dengan uji importance performance analysis menggunakan program Microsoft Excel, uji korelasi Pearson dan t test paired menggunakan program SPSS 15 for Windows. Kinerja instalasi farmasi sebagian besar telah sesuai dengan harapkan pasien sehingga konsumen merasa puas. Pada dimensi keandalan, kesesuaian antara harapan dan kenyataan tentang informasi cara penyimpanan obat yang benar 85%, informasi cara pemakaian obat yang benar 88%, tulisan tentang aturan minum obat yang jelas (etiket) 89%, pembungkusan obat yang rapi 94%, konsultasi pada pasien yang membutuhkan 86%. Pada dimensi daya tanggap, kecepatan menanggapi pasien yang datang 89%, fasilitas nomer antrian 92%, jumlah loket penerimaan resep 92%. Pada dimensi kepastian, harga obat yang lebih murah 91 %, keramahan 88%, kerapian tanaga farmasi 95%, kepahaman tentang informasi obat 83 %, keyakinan memperoleh obat benar 89%. Pada dimensi empati, pelayanan tanpa memandang status sosial 92%, pelayanan resep 24 jam 93%, tanggapan terhadap keluhan pasien 91%, komunikasi yang baik 90%. Pada dimensi berwujud, kebersihan ruang tungggu 93%, kenyamanan ruang tunggu 94%, dan penyedian ruang konsultasi yang mudah dijangkau 89%. Kekuatan hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasaan pasien rawat jalan instalasi farmasi RSUD Sragen sebesar 0,157.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasaan, kualitas pelayanan, instalasi farmasi RSUD Sragen |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi > Farmasi |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 22 May 2009 05:59 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 05:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1476 |
Actions (login required)
View Item |