HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN SIKAP MASYARAKAT UNTUK MEMILIH MENGKONSUMSI OBAT MERK DAGANG DARI PADA OBAT GENERIK DI DESA BUGEL KECAMATAN POLOKARTO KABUPATEN SUKOHARJO

Candra Dewi, Novia and , Abi Muhlisin, SKM, M.Kep and , Kartinah, S.Kep (2011) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN SIKAP MASYARAKAT UNTUK MEMILIH MENGKONSUMSI OBAT MERK DAGANG DARI PADA OBAT GENERIK DI DESA BUGEL KECAMATAN POLOKARTO KABUPATEN SUKOHARJO. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (184kB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
BAB_SATU.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (bap2)
BAB_DUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (bap3)
BAB_TIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (bap4)
BAB_EMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (bap5)
BAB_LIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)

Abstract

Kesehatan merupakan kebutuhan setiap manusia. Dalam kondisi perekonomian yang sedang krisis ini, biaya kesehatan dengan menggunakan pelayanan kesehatan yang umum atau dokter menjadi sangat mahal. Kondisi ini menyebabkan masyarakat mengalihkan pilihannya kepada swamedikasi atau pengobatan menggunakan obat-obatan merk dagang. Obat-obat merk dagang dapat diperoleh dari warung, toko, dan apotik dengan berbagai jenis obat dan merk yang tersedia. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan obat merk dagang oleh masyarakat antara lain pengetahuan masyarakat tentang obat-obatan dan status sosial ekonomi masyarakat. Tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan status sosial ekonomi dengan sikap masyarakat untuk memilih mengkonsumsi obat merk dagang dari pada obat generik di Desa Bugel Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo. Metode Penelitian. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh masyarakat penduduk Dusun Sidoharjo Desa Bugel Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 189 orang. Sampel penelitian sebanyak 66 responden dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data pengujian data adalah Chi-Square. Hasil Penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) tingkat pengetahuan tentang obat masyarakat di Desa Bugel Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo sebagian besar adalah sedang, (2) status sosial ekonomi masyarakat di Desa Bugel Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo sebagian besar adalah sedang tinggi, (3) sikap masyarakat dalam mengkonsumsi obat merk dagang di Desa Bugel Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo sebagian besar adalah kurang, (4) terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan tentang obat dengan sikap masyarakat dalam mengkonsumsi obat merk dagang pada masyarakat di Desa Bugel Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo, (5) terdapat hubungan yang signifikan antara status sosial ekonomi masyarakat dengan sikap masyarakat dalam mengkonsumsi obat merk dagang pada masyarakat di Desa Bugel Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, status sosial ekonomi, sikap memilih obat merk dagang
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 27 Sep 2011 10:21
Last Modified: 18 Apr 2016 10:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14734

Actions (login required)

View Item View Item