PERANAN MANAJEMEN KELAS UNTUK PENINGKATAN FEKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

Al Fikri , Arwan Towaf (2011) PERANAN MANAJEMEN KELAS UNTUK PENINGKATAN FEKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (673kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Efektivitas belajar mengajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Namun, hal yang terpenting yaitu bagaimana seorang guru mampu mengelola kelas dengan professional. Baik itu kelas yang menyangkut siswa atau kelas yang menyangkut fisiknya. Dalam pembinaan disiplin kelas, para guru banyak memberikan kelonggaran terhadap siswa di kelas agar para siswa tidak jenuh dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, dengan pemberian kelonggaran tersebut, justru sering terjadi keramaian, kericuhan, keramaian dikelas, keluar masuk kelas, sebab sebagian besar siswa ingin berkuasa dan belum mempunyai kesadaran diri yang positif serta tidak tanggung jawab terhadap kebebasan yang telah diberikan oleh guru. Oleh sebab itu, hal ini menarik peneliti untuk mengangkat permasalahan “bagaimana manajemen kelas di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011 dan apakah manajemen kelas berperan dalam peningkatan efektivitas belajar mengajar kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta”. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran manajemen kelas yang ada di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta dan untuk mengetahui peranan manajemen kelas dalam peningkatan efektivitas belajar mengajar kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta tersebut. Sejalan dengan penelitian tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan ( September - Oktober 2010 ) di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah Manajemen kelas, peranan manajemen kelas dalam peningkatan efektivitas belajar mengajar kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011, sedangkan informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru beserta karyawan dan siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Data dikumpulkan melalui observasi, interview dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga bagian yaitu pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dilakukan oleh guru dengan dibantu wali kelas dan siswa. Guru-guru telah mampu menerapkan unsur-unsur dan prosedur dalam manajemen kelas, sehingga dapat meningkatkan efektivitas belajar mengajar siswa. Dalam kegiatan pengelolaan kelas yang dilakukan beberapa guru di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dalam proses belajar mengajar dapat menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas yang menguntungkan, dari gangguan yang dapat merusak kondisi kelas yang disebabkan tingkah laku siswa atau tingkah laku guru di kelas. Manajemen kelas berperan penting dalam menentukan terciptanya proses belajar mengajar yang efektif, sehingga dapat menumbuhkan iklim belajar yang berkualitas, kondusif dan optimal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen kelas, efektivitas belajar mengajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2011 10:21
Last Modified: 27 Sep 2011 10:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14733

Actions (login required)

View Item View Item