HUBUNGAN LAMA PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN STATUS GIZI BAYI USIA 6-12 BULAN DI KELURAHAN WALEN KECAMATAN SIMO KABUPATEN BOYOLALI

UTAMI, NOVIANTI TRI (2011) HUBUNGAN LAMA PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN STATUS GIZI BAYI USIA 6-12 BULAN DI KELURAHAN WALEN KECAMATAN SIMO KABUPATEN BOYOLALI. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (559kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)

Abstract

Pendahuluan : Banyak ibu menyusui memiliki kebiasaan yang kurang baik, seperti pemberian makanan pralaktal yaitu pemberian makanan/minuman untuk menggantikan ASI apabila ASI belum keluar pada hari-hari pertama setelah kelahiran. Faktor yang mempengaruhi status gizi adalah faktor protektif dan nutrisi. Faktor protektif yaitu melindungi bayi dan anak dari penyakit infeksi sedangkan dari segi nutrisi dipengaruhi oleh asupan, sosial ekonomi, lingkungan dan pengetahuan ibu. Tujuan : Menganalisis hubungan lama pemberian ASI eksklusif dengan status gizi bayi usia 6-12 bulan di Kelurahan Walen Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali. Metode penelitan : Jenis penelitian bersifat observasional dengan pendekatan crossectional. Jenis data yang diambil meliputi data lama pemberian ASI eksklusif, status gizi diperoleh menggunakan wawancara dan penimbangan dengan baby scale. Pemberian ASI diperoleh melalui wawancara dan data status gizi diperoleh melalui antropometri. Hasil : Ibu yang memberikan ASI eksklusif pada usia 0-3 bulan sebanyak 73,9% dan pada usia 4-6 bulan sebanyak 26,1%. Bayi yang berstatus gizi baik sebanyak 82,6,% dan yang tidak baik sebanyak 17,4%. Hasil uji fisher exact test menunjukkan nilai p=1,00 atau lebih dari 0,05. Kesimpulan : Uji statistik yang digunakan adalah fisher exact test menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara lama peberian ASI eksklusif dengan status gizi bayi (p =1,00). Tidak ada hubungan lama pemberian ASI eksklusif dengan status gizi bayi usia 6-12 bulan di Kelurahan Walen Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lama pemberian ASI eksklusif, status Gizi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Sep 2011 09:26
Last Modified: 17 Sep 2022 06:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14708

Actions (login required)

View Item View Item