ASUHAN KEPERAWATAN PADA An. S DENGAN GANGGUAN SISTEM PERSYARAFAN: “ CEDERA KEPALA RINGAN (CKR)” DI RUANG ANGGREK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SRAGEN

LISTIYATI, ENI (2011) ASUHAN KEPERAWATAN PADA An. S DENGAN GANGGUAN SISTEM PERSYARAFAN: “ CEDERA KEPALA RINGAN (CKR)” DI RUANG ANGGREK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SRAGEN. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (815kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)

Abstract

Cedera kepala adalah suatu trauma daerah kulit kepala, tengkorak atau otak yang terjadi akibat injury baik secara langsung maupun tidak langsung pada daerah kepala (Suriadi & Rita Yulaini, 2001). Salah satu faktor penyebab terseringnya cedera kepala adalah kecelakaan lalu lintas. Angka kecelakaan lalu lintas di negara Indonesia juga semakin tinggi. . Cedera kepala merupakan salah satu masalah kesehatan yang menimbulkan trauma dan berbagai komplikasi pada penderitanya, bahkan yang lebih parahnya sampai penderitanya mengalami kematian. Trauma kepala banyak terjadi dalam kehidupan sehari-hari, di seluruh dunia tiap 12 menit ada yang meninggal karena trauma dan lebih dari 60% diantaranya disebabkan oleh trauma kepala. Trauma kepala atau injury cerebry umumnya terjadi akibat kecelakaan lalu lintas dan mayoritas yang terkena adalah anak muda dan pada usia lanjut sering terjadi karena jatuh/ luka tusuk (Ignatavikus, 2002). Adapun tujuan umum adalah mengetahui cara perawatan dan penanganan pada pasien cedera kepala ringan yang benar. Sedangkan tujuan khusus adalah mengetahui metode cara pengkajian pada pasien dengan cedera kepala ringan, mengetahui metode cara mendiagnosa atau merumuskan masalah keperawatan pada pasien dengan cedera kepala ringan, mengetahui cara membuat intervensi atau perencanaan keperawatan pada pasien dengan cedera kepala ringan, mengetahui cara implementasi atau pelaksanaan keperawatan pada pasien dengan cedera kepala ringan, mengetahui cara evaluasi pada pasien dengan cedera kepala ringan. Adapun manfaat teoritis adalah dapat mengetahui metode evaluasi pasien cedera kepala ringan dan memberikan data/ referensi bagi pembaca dalam melakukan tinjauan asuhan keperawatan/ tinjauan kasus pada pasien dengan cedera kepala. Sedangkan manfaat aplikatif/praktis adalah dapat memberikan informasi/ pengetahuan kepada jajaran dunia keperawatan tentang asuhan keperawatan pada pasien dengan cedera kepala, menambah pengetahuan tentang evaluasi pasien cedera kepala, mengetahui berbagai komplikasi yang mungkin terjadi pada pasien dengan cedera kepala, memberikan gambaran tentaang perencanaan pada pasien dengan cedera kepala, memberikan gambaran penatalaksanaan pasien cedera kepala.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: asuhan keperawatan pediatrik, cedera kepala
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan D3
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Sep 2011 08:46
Last Modified: 26 Sep 2011 10:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14678

Actions (login required)

View Item View Item