PERAN IMMARATUS SYU’UNITH THOLABAH DALAM MENDISIPLINKAN SANTRRIWATI DI PONDOK PESANTREN AL-MUKMIN NGRUKI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

SULISTIAWATI, ENDANG (2010) PERAN IMMARATUS SYU’UNITH THOLABAH DALAM MENDISIPLINKAN SANTRRIWATI DI PONDOK PESANTREN AL-MUKMIN NGRUKI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (160kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_end.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan salah satu cikal bakal dan pilar pendidikan di Indonesia, selain pendidikan umum dan madrasah. Pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan yang telah terbukti berperan penting dalam melakukan transmisi ilmu-ilmu keagamaan di masyarakat. Di pesantren para santri dididik untuk menjalankan nilai-nilai sebagai kebaiakn dan mempelajari ilmu keagamaan dalam berbagai cabang keilmuan. Untuk dapat mengembangkan potensinya dalam proses pendidikan, santri harus memiliki sikap disiplin. Sikap disiplin santri sangatlah penting, hingga kedisiplinan santri merupakan penentu yang dominan dalam keberhasilan belajar. Organisasi santri mempunyai peran dalam kegiatan pendisiplinan santri di lingkungan pondok. Untuk mengetahui secara pasti peran organisasi santri dalam mendisiplinkan santri, perlu dibuktikan secara empiris. Maka penelitian ini membatasi permasalahan tentang Apa Peran Immaratus Syu’unith Tholabah dalam Mendisiplinkan Santriwati dan Bagaimana Cara Immaratus Syu’unith Tholabah dalam Mendisiplinkan Santriwati di Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki Tahun Pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui Peran dan Cara Immaratus Syu’unith Tholabah dalam mendisiplinkan santriwati di Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis diskriptif dengan pendekatan induktif dan deduktif, subjek dalam penelitian ini yaitu penggurus Immaratus Syu’unith Tholabah di Pondok Pesantren Putri Al-Mukmin Ngruki. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada penggurus Immaratus Syu’unith Tholabah dan para Ustadzah untuk mengetahui peran Immaratus Syu’unith Tholabah dalam mendisiplinkan santriwati. Adapun observasi untuk mengetahui peran dan cara Immaratus Syu’unith Tholabah dalam mendisiplinkan santriwati di Pondok Pesantren Al- Mukmin Ngruki. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Immaratus Syu’unith Tholabah memepunyai peran yang sangat positif atau besar dalam mendisiplinkan santriwati. Keberadaan Immaratus Syu’unith Tholabah mempunyai dampak yang positif dalam mendidik santri untuk belajar berorganisasi. Immaratus Syu’unith Tholabah mempunyai tiga cara dalam mendisiplinkan santriwati yaitu dengan hukuman, tugas dan denda. Ketiga cara tersebut bertujuan untuk membuat jera santriwati yang melanggar dan bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dalam berdisiplin diri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK G000/2011-026
Uncontrolled Keywords: Disiplin, immaratus syu'unith tholabah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 26 Sep 2011 03:15
Last Modified: 04 Nov 2011 06:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14667

Actions (login required)

View Item View Item