MANFAAT BRAIN GYM UNTUK MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Tinjauan terhadap siswa kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 04 Karanganyar

KUSUMA, BEMMY CANDRA (2011) MANFAAT BRAIN GYM UNTUK MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Tinjauan terhadap siswa kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 04 Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAb.1)
3._Bab_I.pdf

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Pernyataan)
1._Surat_Pernyataan_Publikasi_Karya_Ilmiah.pdf

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
10._Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Bab.2)
4._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab.3)
5._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab.4)
6._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab.5)
7._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab.6)
8._Bab_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)

Abstract

Prestasi belajar matematika merupakan tingkat kemanusian yang dimiliki siswa dalam menerima dan menilai informasi yang diperoleh dalam proses belajar mengajar dalam bidang studi matematika. Prestasi belajar matematika diukur sesuai tingkat keberhasilan sesuatu dalam mempelajari materi matematika yang dinyatakan dalam bentuk nilai maupun raport. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh brain gym terhadap peningkatan prestasi belajar matematika pada siswa kelas 3 SDN 04 Karanganyar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen semu (Quasi Experimen). Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest design, dengan jumlah sampel 28 orang. Hasil analisis penelitian ini menggunakan uji statistic uji t-test yaitu uji beda dua mean dependen dengan bantuan komputer Program SPSS Versi 16 didapatkan nilai p adalah 0,000 di mana p<0,005 yang berarti Ho ditolak, Ha diterima, artinya ada pengaruh pemberian brain gym terhadap peningkatan prestasi belajar matematika pada siswa kelas 3 SDN 04 Karanganyar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada manfaat pemberian brain gym terhadap peningkatan prestasi belajar matematika pada siswa kelas 3 SDN 04 Karanganyar. Disarankan kepada siswa untuk rutin melakukan brain gym dan lebih bersemangat lagi dalam belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Brain Gym, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Sep 2011 09:46
Last Modified: 22 Sep 2011 09:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14613

Actions (login required)

View Item View Item