ASTUTI, ISNAFIAH ANDRI (2008) MANAJEMEN KELAS DI SMA MUHAMMADIYAH I KLATEN TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
G000030030.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
Abstract
Manajemen Kelas di SMA Muhammadiyah I Klaten Tahun Ajaran 2007/2008, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Suatu kondisi belajar yang optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur siswa dan sarana engajaran, serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pengajaran.pengelolaan kelas yang efektif merupakan prasyarat mutlak bagi terjadinya proses belajar mengajar yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kelas di SMA Muhammadiyah I Klaten, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang menjadi kendala dalam pelaksanaan manajemen kelas di SMA Muhammadiyah I Klaten tahun ajaran 2007/2008. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan sumbangan pemikiran sebagai bahan pertimbangan tentang manajemen kelas di SMA Muhammadiyah I Klaten, memberikan sumbangan praktis bagi penulis untuk dapat menambah wawasan atau pengalaman tentang manajemen kelas, dan juga bagi SMA Muhammadiyah I Klaten sebagai tolak ukur manajemen kelas yang telah dilakukan, berhasil atau tidak sebagai masukan untuk upaya perbaikan jika terjadi kekurangan dan upaya peningkatan jika sudah berjalan dengan baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kwalitatif (berupa katakata tertulis dari orang atau perilaku yang diamati untuk menggambarkan keadaan suatu fenomena dari data yang diperoleh di obyek penelitian). Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat digunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen kelas di SMA Muhammadiyah I Klaten belum berjalan secara maksimal, tetapi untuk manajemen kelas secara fisik, SMA Muhammadiyah I Klaten telah berusaha mengelola kelas dengan baik yaitu dengan pengaturan tempat duduk, ukuran kelas, ventilasi, alat-alat dan media belajar serta kenyamanan siswa di dalam kelas telah tercipta. Yang menjadi faktor pendukung dalam pelaksanaan manajemen kelas di SMA Muhammadiyah I Klaten adalah adanya keseimbangan antara tenaga pendidik dengan siswa, dan sarana prasarana serta fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor nghambatnya adalah adanya perbedaan motivasi guru terhadap siswa, kesejahteraan guru yang belum maksimal, tidak adanya tempat untuk memamerkan hasil karya siswa, adanya sekolah-sekolah pesaing serta pandangan masyarakat yang menyatakan sekolah favorit adalah sekolah negeri, bukan swasta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MANAJEMEN KELAS,PEMBELAJARAN BISA TERCAPI |
Subjects: | X General Subject B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 May 2009 08:27 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 05:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1448 |
Actions (login required)
View Item |