WINANTI, MELIANA (2011) STUDI KOMPARATIF PENGGUNAAN METODE SIMULASI DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN WONOREJO 2 KECAMATAN KEDAWUNG KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (80kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (5kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara metode simulasi dengan metode eksperimen terhadap prestasi belajar IPA kelas V SDN Wonorejo 2, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen semester II Tahun Pelajaran 2010/2011, karena kemampuan hasil pembelajaran tidak sama dalam mengikuti proses belajar mengajar, apakah kondisi semacam ini ada perbedaan dari pemberian metode simulasi dengan metode eksperimen, maka masalah tersebut penting artinya untuk di teliti. Bentuk penelitian yang digunakan adalah bentuk kuantitatif dengan populasi siswa SDN Wonorejo 2 semester II tahun pelajaran 2010/2011, yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, dokumentasi, sedangkan untuk pengambilan sampel semua atau yang digunakan adalah semua populasi dijadikan sampel atau penelitian populasi. Adapun analisa data yang digunakan adalah uji normalitas. Berdasarkan analisis data yang diperoleh r hitung sebesar 74,58 sedangkan dalam table signifikansi 5% diperoleh hasil 66,09 dan untuk 1% diperoleh hasil 0,46. karena t hitung > t tabel atau 3,248 > 2,069 sehingga Prestasi belajar IPA siswa yang dikenai Metode eksperimen lebih baik jika dibandingkan dengan metode simulasi. Berdasarkan hasil penghitungan tersebut, maka hipotesis yang berbunyi: “Berarti ada perbedaan pada tingkat kesalahan 5% ada perbedaan prestasi belajar IPA, berdasarkan nilai rata-rata Prestasi belajar IPA kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok simulasi, yaitu 74,58 > 66,09, berarti Prestasi belajar IPA siswa yang dikenai metode eksperimen lebih baik jika dibandingkan dengan metode simulasi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A510/2011-24 |
Uncontrolled Keywords: | Metode simulasi dengan metode eksperimen terhadap prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Sep 2011 04:52 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 05:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14413 |
Actions (login required)
View Item |