TINJAUAN SIFAT FISIS, KUAT GESER DAN KUAT DUKUNG TANAH MIRI SEBAGAI PENGGANTI SUBGRADE JALAN ( Studi Kasus Tanah Miri, Sragen )

Ariyanto, Beny (2011) TINJAUAN SIFAT FISIS, KUAT GESER DAN KUAT DUKUNG TANAH MIRI SEBAGAI PENGGANTI SUBGRADE JALAN ( Studi Kasus Tanah Miri, Sragen ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (221kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam dunia Teknik Sipil struktur tanah sangat penting sebagai tempat dan media bertumpunya segala macam konstruksi bangunan, salah satunya perencanaan tanah sebagai subgrade jalan. Tidak semua jenis tanah mempunyai sifat yang selalu sama. Selain itu banyak permasalahan yang berhubungan dengan tanah, seperti penurunan dan stabilitas tanah yang antara lain dipengaruhi oleh daya dukung dan kuat geser tanah. Kondisi ini yang sering menjadikan orang untuk mencari tanah yang layak untuk digunakan sebagai subgrade jalan. Di beberapa daerah penduduk menggunakan tanah setempat sebagai subgrade jalan. Salah satunya Tanah Miri di desa Miri, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen. Tanah ini mempunyai ciri khas tersendiri yaitu pada waktu tanah ini dalam keadaan kering kondisinya seperti pasir, tetapi ketika dalam keadaan basah kondisinya ada lekatan. Akan tetapi belum ada penjelasan secara teknis tentang sifat fisis dan sifat mekanis dari Tanah Miri ini. Berdasarkan hal tersebut, pada penelitian ini akan dibahas mengenai sifat fisis dan mekanis tanah Miri. Metode penelitian melalui serangkaian pengujian, yaitu berat jenis (specific gravity), kadar air (water content), analisa saringan dan hydrometer (grain size analysis), CBR unsoaked, CBR soaked dan DST pada saat kadar air 90% γd maks kering, 95% γdmaks kering, optimum, 95% γdmaks basah, 90% γd maks basah, dengan mengacu pada standar ASTM dan prosedur pengujian di Laboratorium Mekanika Tanah Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tanah yang diuji dalam keadaan kering udara. Dari uji kandungan kimia, unsur kimia CaO merupakan unsur terbesar yaitu sebesar sebesar 25,49 %, w = 8,696%, Gs = 2,63, LL = 62,850%, PL = 35,120%, SL = 20,060%, berdasarkan grafik pembagian ukuran butiran tanah dapat diketahui bahwa persentase kerikil = 0%, pasir = 58,696% lanau dan lempung = 41,304%. Berdasarkan sistem USCS tanah sampel uji termasuk golongan SC dan berdasar AASHTO masuk kelompok A7-5(7). Hasil uji standard Proctor didapat berat isi kering maksimum 1,545 kg/cm3 dan kadar air optimum = 21,3%. Hasil uji CBR unsoaked pada 90 % γdmaks kering sebesar 15 %, 95 % γdmaks kering sebesar 18 %, optimum γdmaks sebesar 19 %, 95% γdmaks basah sebesar 10 % dan 90 % γdmaks basah sebesar 7 %. Sedangkan nilai CBR soaked pada 90 % γdmaks kering sebesar 7 %, 95 % γdmaks kering sebesar 8 %, optimum γdmaks sebesar 9 %, 95% γdmaks basah sebesar 4 %, dan 90% γdmaks basah sebesar 3 %. Hasil uji DST didapat nilai kohesi antara 0,04958 kg/cm2-0,26988 kg/cm2 dan nilai sudut gesek dalam 28o – 35o.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tanah, sifat fisis dan sifat mekanis, CBR, DST
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Sep 2011 05:20
Last Modified: 13 Sep 2011 05:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14365

Actions (login required)

View Item View Item