Basori, Basori (2011) TINJAUAN SIFAT FISIS, PENURUNAN KONSOLIDASI DAN TEKANAN PENGEMBANGAN TANAH KUNING MIRI SRAGEN SEBAGAI PENGGANTI SUBGRADE JALAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._KELENGKAPAN.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_1.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Dalam dunia Teknik Sipil struktur tanah sangat penting sebagai tempat dan media bertumpunya segala macam konstruksi bangunan, salah satunya perencanaan tanah sebagai subgrade jalan. Tidak semua jenis tanah mempunyai sifat yang sama. Selain itu banyak permasalahan yang berhubungan dengan tanah, seperti penurunan dan stabilitas tanah. Kondisi ini yang sering menjadikan orang untuk mencari tanah yang layak untuk digunakan sebagai subgrade jalan. Di beberapa daerah penduduk menggunakan tanah setempat sebagai subgrade jalan. Salah satunya Tanah Miri di desa Miri, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen. Tanah ini mempunyai ciri khas tersendiri yaitu pada waktu tanah ini dalam keadaan kering kondisinya seperti pasir, tetapi ketika dalam keadaan basah kondisinya ada lekatan. Akan tetapi belum ada penjelasan secara teknis tentang sifat fisis dan sifat mekanis dari Tanah Miri ini. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini akan dibahas mengenai sifat fisis dan mekanis tanah Miri. Metode penelitian melalui serangkaian pengujian, yaitu berat jenis (specific gravity), kadar air (water content), analisa saringan dan hydrometer (grain size analysis), penurunan konsulidasi, dan tekanan pengembangan pada saat kadar air 90% �d maks kering, 95% �dmaks kering, optimum, 95% �dmaks basah, 90% �d maks basah, dengan mengacu pada standar ASTM dan prosedur pengujian di Laboratorium Mekanika Tanah Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tanah yang diuji dalam keadaan kering udara. Hasil penelitian ini adalah unsur kimia CaO merupakan unsur terbesar yaitu sebesar sebesar 25,49 %, w = 8,696%, Gs = 2,63, LL = 62,850%, PL = 35,120%, SL = 20,060%, berdasarkan grafik pembagian ukuran butiran tanah dapat diketahui bahwa persentase kerikil = 0%, pasir = 58,696% lanau dan lempung = 41,304%. Berdasarkan sistem USCS tanah sampel uji termasuk golongan SC dan berdasar AASHTO masuk kelompok A7-5(7). Hasil uji standard Proctor didapat berat isi kering maksimum 1,545 kg/cm3 dan kadar air optimum = 21,3%. Hasil uji konsolidasi menunjukan Nilai Cv pada kondisi kepadatan maksimum adalah sebesar 0,0321 cm2/dtk. Nilai Cc (Indeks pemampatan) pada kadar air optimum mengalami kenaikan yaitu 0,023. Nilai penurunan konsolidasi (Sc) pada kadar air optimum (0,0060cm). Tekanan pengembangan pada kondisi kepadatan maksimum adalah sebesar 0,0670 kg/cm2, sedangkan untuk nilai pengembangannya 2,276%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tanah, sifat fisis dan mekanis, konsolidasi, tekanan pengembangan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Sep 2011 08:21 |
Last Modified: | 12 Sep 2011 08:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14353 |
Actions (login required)
View Item |